Dark/Light Mode

Ke Pasar Cihapit, Jokowi Cek Harga Sembako, Bagi Bansos Hingga Bertemu Bu Eha

Rabu, 12 Juli 2023 14:38 WIB
Presiden Jokowi saat mengunjungi Pasar Cihapit, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (12/7). (Foto: Setpres)
Presiden Jokowi saat mengunjungi Pasar Cihapit, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (12/7). (Foto: Setpres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pasar Cihapit, Kota Bandung jadi salah satu tujuan kunjungan Presiden Jokowi, hari ini, Rabu (12/7). Selain mengecek harga sembako, Jokowi juga membagikan bantuan sosial (bansos) hingga bertemu dengan pemilik warung nasi legendaris di pasar tersebut. 

Dalam kunjungan itu, Kepala Negara didampingi oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Plh. Wali Kota Bandung Ema Sumarna.

Salah seorang pedagang yang ditemui Jokowi adalah Rizal. Pedagang bawang di Pasar Cihapit bilang bahwa harga bawang saat ini sedang mengalami kenaikan di kisaran Rp45 ribu hingga Rp50 ribu per kilogram.

“Tadi (Presiden) nanyain harga bawang sekarang berapa? Sekarang agak naik lagi harganya, kan biasanya di angka Rp30 ribu sekarang naik hampir Rp50 (ribu), Rp45 (ribu),” ungkap Rizal,

“Baik, mudah-mudahan normal lagi harganya ke depannya,” tutur Rizal menirukan ucapan Presiden Jokowi.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga memberikan sejumlah bantuan sosial kepada para pedagang di Pasar Cihapit. Salah satunya Mulyana. Pedagang es di Pasar Cihapit.

“Ada pembagian (modal) buat pedagang, Alhamdulillah ada berkahnya ke sini, jadi kebagian ini (bantuan) untuk modal,” ucap Mulyana.

Baca juga : Relawan Sintawati Gelar Medical Check Up dan Pembagian Sembako Di Jakarta

Selain para pedagang, kedatangan Jokowi juga disambut antusias oleh warga yang berbelanja. Feriyani, salah satunya. Ia mengaku tidak menyangka bisa bertemu sekaligus berswafoto dengan Kepala Negara.

“Saya sangat excited ketemu Pak Jokowi. Rasanya kayak dapat lotre (bisa foto bersama Presiden Jokowi). Semoga Pak Jokowi sehat dan tetap menjadi berkat untuk rakyat Indonesia,” ujar Feriyani.

Senada, Nancy, warga asal Pekanbaru juga mengaku terkejut dengan kehadiran Presiden Jokowi. Ia pun menyampaikan terima kasih atas pembangunan infrastruktur yang telah dilakukan oleh pemerintahan Presiden Jokowi.

“Aduh luar biasa saya senang banget sampai debar-debar, belum pernah foto sama Bapak Presiden Jokowi, sukses selalu buat Bapak Presiden Jokowi,” ucap Nancy.

“Sehat selalu Bapak Jokowi, kami terharu pembangunannya luar biasa, semenjak Bapak Jokowi semua lancar seluruh Indonesia. Pengalaman saya sering naik mobil ke Sumatra, saya asli Pekanbaru, semuanya lancar bagus jalanannya,” lanjutnya.

Jokowi juga bertemu Bu Eha, pemilik warung legendaris di Pasar Cihapit. Ia dikenalkan langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

“Dulu bapak dan ibu saya berjodoh di sini. Sampai sekarang anaknya jadi gubernur, Bu Eha masih jualan di sini,” ujar Ridwan Kamil menjelaskan.

Baca juga : Jokowi Kaget Harga Ayam Mahal Banget

“Resepnya apa, Bu?” tanya Presiden Jokowi.

“Apa ya? Saya enggak ada resep,” ujar Bu Eha.

“Bersih hati ya, Bu,” timpal Ridwan Kamil.

Kepada Bu Eha, Presiden Jokowi turut memberikan bantuan sosial sebagaimana dibagikan juga kepada para pedagang di Pasar Cihapit pagi itu. Bu Eha pun merasa senang bisa bertemu Presiden Jokowi.

“Senang. (Bantuannya) untuk amal ibadah saja, banyak cucu, banyak buyut, bagi-bagi,” ungkapnya.

Djulaeha, begitu nama lengkap Bu Eha, saat ini berusia hampir 93 tahun dan masih mengelola warung nasi miliknya yang telah berdiri sejak tahun 1947. Saat itu, ibunya Bu Eha yang awalnya berjualan.

“Dulu mah ini lapangan, belum jadi pasar seperti sekarang,” kenang Bu Eha saat ditanyai terpisah.

Baca juga : Lebaran Kurban, Jokowi Cek Harga Pangan Di Pasar Menteng Pulo

Di sudut dinding warung nasi tersebut terpajang foto Presiden pertama RI Soekarno, dan sejumlah guntingan koran yang memuat artikel tentang warung nasinya. Diketahui, warung Bu Eha merupakan warung langganan keluarga Bung Karno yang dikenangnya sebagai patriot bangsa.

“Dulu yang membela negara itu siapa? Ema mah tahu dulu perjuangan bagaimana,” ungkapnya.

Meski sudah berusia lanjut, Bu Eha masih aktif mengelola warungnya. Hanya saja, dia kini menjadi kasir dan tidak lagi memasak menu-menu khas Sunda yang menjadi sajian andalan warungnya.

“Kalau dulu mah Ema masak sendiri, sekarang mah sudah tua,” pungkasnya.

Selain ke Pasar Cihapit, Jokowi juga ke Stadion Si Jalak Harupat, Kota Bandung.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.