Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
%
Ganjar & Mahfud
Waktu |

Jalankan Gerakan Revolusi Mental

Muhammadiyah dan Kemenko PMK Tanam Pohon: Hikmahnya Besar

Sabtu, 22 Juli 2023 09:10 WIB
Kegiatan penanaman pohon yang dilakukan PP Muhammadiyah bekerja sama dengan Kemenko PMK, di Kota Serang, Banten, Jumat (21/7). (Foto: Dok. Muhammadiyah)
Kegiatan penanaman pohon yang dilakukan PP Muhammadiyah bekerja sama dengan Kemenko PMK, di Kota Serang, Banten, Jumat (21/7). (Foto: Dok. Muhammadiyah)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menggelar Gerakan Revolusi Mental berupa penanaman pohon di Kota Serang, Banten. Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Serang Nani Abdulgani mengatakan, program yang bekerja sama dengan Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) ini memiliki hikmah besar.

“Kegiatan (menanam pohon) sangat baik dan dimaknai hikmahnya besar,” ujar Nani, di Gedung Sekolah Muhammadiyah Kota Serang, Jumat (21/7).

Hikmah itu salah satunya, menjadi simbol masyarakat harus bisa menanam sekaligus melindunginya. “Karena pohon itu menyerap segala bentuk yang mungkin mengakibatkan banjir akibat sembarangan menebang dan menghilangkan pohon,” kata Nani.

Baca juga : Menhan Ketemu Bos Muhammadiyah, Bicara Pendidikan Hingga Pertahanan

Sebelumnya diberitakan, PP Muhammadiyah menggulirkan enam program khusus di Kota Serang. Keenam program itu adalah aksi tanam pohon, berbagi makanan sehat untuk anak-anak (pencegahan stunting), Jumat bersih (bersih-bersih masjid), pelatihan koperasi siswa serta pelatihan keadaban digital, dan lomba TikTok Revolusi Mental antarsekolah Muhammadiyah di Banten.

Untuk lomba, mentargetkan pesertanya dari seluruh siswa sekolah Muhammdiyah di Banten, dan sudah mulai dibuka. Waktu pedaftarannya sejak pertengahan Juli hingga akhir Agustus 2023. Jadwal ini bisa diperpanjang tergantung situasi dan kondisi di tiap daerah yang ikut lomba.

Sekretaris PP Muhammadiyah Muhammad Izzul Muslimin mengatakan, berbagai kegiatan variatif tersebut dalam rangka menjalankan program Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) yang bekerja sama dengan Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK).

Baca juga : Menhan Italia: Kematian Berlusconi Tinggalkan Kekosongan Besar

“Kegiatan ini sifatnya memfasilitasi dan memotivasi. Karena Muhammadiyah dalam kesehariannya sudah melakukan kegiatan seperti itu. Artinya ini untuk mengingatkan kembali karena kita ada enam program kegiatan itu,” kata Izzul, saat, memberikan sambutan pada pembukaan acara tersebut, di Gedung Sekolah Muhammadiyah Kota Serang, Jumat (21/7).

“Pelaksanaan kali ini merupakan kegiatan simbolisasi bahwa kegiatan ini menjadi kepedulian kita terkait dengan salah satu program Pemerintah, yaitu Revolusi Mental,” imbuhnya, menjelaskan.

Izzul melanjutkan, penanaman Revolusi Mental dalam bentuk kegiatan-kegiatan tersebut nyata di masyarakat. Oleh karenanya, pada tahun ini, kegiatan seperti itu tidak hanya dilaksanakan di Banten, melainkan juga di tiga provinsi lainnya, yaitu di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Kalimantan Tengah. “Secara seremonial dilakukan Muhammadiyah bekerja sama dengan Kemenko PMK di empat wilayah tersebut,” terang Izzul.

Baca juga : Ganjar Milenial Adakan Kegiatan Bersih Kampung Dan Tanam Pohon Di Penajam Paser Utara

Nani menambahkan, hikmah lainnya terkait program tersebut adalah dari berbagi makanan sehat untuk mengangkat agar di Indonesia tidak ada lagi gizi buruk, khususnya di Kota Serang.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.