Dark/Light Mode

Moeldoko Ingin Dongkrak Omzet Pelaku UMKM

Sabtu, 22 Juli 2023 14:36 WIB
Kepala Staf Kepresidenan, Dr. Moeldoko, mengunjungi salah satu stand UMKM, didampingi Bupati Ketapang, Martin Rantan, dan Wakil Bupati Ketapang, H. Farhan.
Kepala Staf Kepresidenan, Dr. Moeldoko, mengunjungi salah satu stand UMKM, didampingi Bupati Ketapang, Martin Rantan, dan Wakil Bupati Ketapang, H. Farhan.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko tak henti-hentinya mendorong pelaku Usaha, Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memanfaatkan platform daring untuk memasarkan dan menjual produknya.

Selain untuk mendongkrak omzet, pemanfaatkan aplikasi daring juga menjadi media untuk menaikkan kelas UMKM.

"Perintah Presiden jelas, UMKM harus segera naik kelas. UMKM harus masuk dunia digital. Kenapa digital ? karena mudah promosinya dan dikenali orang lain hingga seluruh nusantara, bahkan bisa go internasional,” kata Moeldoko saat menghadiri pameran UMKM, di kantor Bupati Ketapang, Kalimantan Barat, Sabtu (22/7).

Baca juga : Moeldoko: Alumni UT Harus Berani Melakukan Perubahan

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo, menargetkan 30 juta pelaku UMKM dapat masuk dalam ekosistem digital, pada 2024.

Saat ini, Pemerintah telah berhasil melakukan digitalisasi 19 juta pelaku UMKM.

Moeldoko menegaskan, keberadaan UMKM sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia telah terbukti.

Baca juga : Hadapi PK Moeldoko, Demokrat Degdegan

Pada saat terjadi krisis ekonomi tahun 1998, UMKM menjadi andalan dan menopang perekonomian. Begitu juga pada masa pandemi Covid-19, UMKM relatif bisa bertahan.

"Ini yang menjadi alasan, mengapa pemerintah menggelontorkan bansos dan insentif untuk UMKM pada saat Covid 19,”terangnya.

"UMKM ini sakti. Jadi harus dijaga, dibesarkan dari waktu ke waktu. Agar tetap bisa menjadi mesin pertumbuhan,” imbuhnya.

Baca juga : TikTok Investasi 12,2 Juta Dolar Untuk Bantu UMKM

Pada kesempatan itu, Panglima TNI 2013-2015 ini juga mendorong pemerintah daerah Ketapang, untuk menggerakkan UMKM segera masuk ke dalam ekosistem digital.

"Saya mengajak semuanya, agar UMKM diperbanyak, ditingkatkan kelasnya, dan segera masuk dunia digital,” pesannya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.