Dark/Light Mode

Presiden Puji Kejagung Dan Polri

KPK, Jangan Iri Ya!

Minggu, 23 Juli 2023 07:50 WIB
Presiden Joko Widodo (tengah) memimpin upacara Hari Bhakti Adhyaksa ke-63 di Jakarta, Sabtu (22/7/2023). Peringatan Hari Adhyaksa ke-63 mengangkat tema penegakan hukum yang tegas dan humanis mengawal pembangunan nasional. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/hp)
Presiden Joko Widodo (tengah) memimpin upacara Hari Bhakti Adhyaksa ke-63 di Jakarta, Sabtu (22/7/2023). Peringatan Hari Adhyaksa ke-63 mengangkat tema penegakan hukum yang tegas dan humanis mengawal pembangunan nasional. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/hp)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi memberikan pujian kepada Kejaksaan Agung (Kejagung) karena keberhasilannya melakukan transformasi dan reformasi di semua aspek dan tingkatan. Sebelumnya, Jokowi juga bangga dengan kemajuan Polri. Di jagat Twitter, warganet ikut memberikan apresiasi sambil mengingatkan KPK agar jangan iri.

Apresiasi Jokowi ke Kejagung itu disampaikan saat menghadiri Upacara Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-63 yang digelar di Lapangan Upacara Badan Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan, Jakarta, kemarin.

Baca juga : AMMI: Presiden Amat Perhatian Ke Kaum Muda Papua

Dalam amanatnya, Jokowi mengawali pidato dengan menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh keluarga besar Kejagung. Jokowi mengingatkan, Kejagung memiliki kewenangan yang sangat besar. Mulai dari kewenangan penyidikan, kewenangan penuntutan, kewenangan perampasan dan pengembalian aset, hingga kewenangan-kewenangan lainnya.

“Kewenangan besar itu harus dimanfaatkan secara benar, harus dimanfaatkan secara profesional secara bertanggung jawab,” ujarnya.

Baca juga : Kejagung Tahan Pemilik PT Lawu Agung Mining

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi turut mengapresiasi kepercayaan publik terhadap Kejaksaan yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Jokowi menyebut, berdasarkan hasil salah satu lembaga survei di Agustus 2022, tingkat kepercayaan publik terhadap Kejagung mencapai 75,3 persen, lalu meningkat ke angka 81,2 persen pada Juli 2023.

“Ini sangat tinggi, ini angka tertinggi dalam kurun 9 tahun terakhir. Saya ingin mengucapkan selamat,” ucap Jokowi.

Baca juga : Puji Ketua Dan Deputi Pencegahan KPK, Luhut: Kerjanya Hebat, Paten!

Selain itu, Jokowi juga mengapresiasi langkah Kejagung dalam pengembalian kerugian negara yang cukup signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berharap kerja keras dan kinerja Kejagung dapat terus meningkat, sehingga kepercayaan masyarakat terhadap Kejagung juga makin tinggi.

Terakhir, Jokowi menyampaikan sejumlah pekerjaan rumah kepada Kejagung. Jokowi berharap, Kejagung meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui perekrutan jaksa yang selektif, dan pelatihan yang intensif. Ia berharap Kejagung meningkatkan standar etika profesionalisme dan integritas jaksa.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.