Dark/Light Mode

Survei LSN: Prabowo Menguat, Ganjar-Anies Kurang Progresif

Rabu, 26 Juli 2023 17:34 WIB
Direktur Eksekutif LSN, Gema Nusantara Bakry, saat merilis hasil survei secara daring, Rabu (26/7). (Foto: Istimewa)
Direktur Eksekutif LSN, Gema Nusantara Bakry, saat merilis hasil survei secara daring, Rabu (26/7). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga Survei Nasional (LSN) merilis hasil survei terbaru ihwal bursa Capres 2024. Hasilnya, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menguat di puncak klasemen, sementara Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menunjukkan tren melemah.

"Sedangkan, elektabilitas Anies Baswedan sedikit naik, namun tetap menjadi juru kunci seandainya Pilpres hanya diikuti tiga kandidat," ujar Direktur Eksekutif LSN, Gema Nusantara Bakry, saat merilis hasil survei secara daring, Rabu (26/7).

Baca juga : Hasil Survei Relawan: Elektabilitas Ganjar Pranowo Teratas

Dirincikannya, simulasi tiga nama capres, Prabowo berada di posisi puncak dengan raihan 40,5 persen. Jauh meninggalkan Ganjar di angka 30,8 persen dan Anies sebesar 22,4 persen. Sisanya, 6,3 persen respon menyatakan belum memiliki pilihan.

Gema menyebutkan, berbagai format pertanyaan dan simulasi, Prabowo selalu leading atas Ganjar maupun Anies. Ketika LSN mengajukan pertanyaan secara terbuka (top of mind) siapakah yang akan dipilih jika saat ini dilaksanakan Pilpres, sebanyak 28,5 persen menyebut nama Prabowo. Sementara Ganjar sebanyak 17,6 persen dan Anies hanya 13,4 persen.

Baca juga : Survei NEW INDONESIA: Simulasi 2 Nama, Prabowo Ungguli Ganjar

Kemudian, ketika LSN mengajukan pertanyaan secara tertutup tentang siapakah yang dipilih dari 12 nama yang disodorkan, Prabowo tetap kokoh di puncak dengan elektabilitas sebesar 33,8 persen. Sedangkan Ganjar hanya dipilih oleh 20,2 persen dan Anies 16,4 persen responden.

"Elektabilitas Prabowo Subianto semakin menguat dari waktu ke waktu. Sementara itu elektabilitas Ganjar Pranowo memperlihatkan trend melemah justru ketika waktu pelaksanaan Pilpres semakin mendekat. Sedangkan Anies tidak juga menunjukkan trend positif dan progresif guna mengejar ketertinggalan elektabilitasnya dari Prabowo maupun Ganjar dan cenderung hanya menyalahkan lembaga survei," terangnya.

Baca juga : Survei NEW INDONESIA: Prabowo Melesat, Ganjar Stagnan, Anies Jeblok

Diketahui, survei tersebut dilakukan medio 10-19 juli 2023 di 34 provinsi yang ada di seluruh Indonesia dengan jumlah sampel sebanyak 1420 responden.

Adapun dengan Margin of Error +/- 2.6 persen dan pada tingkat kepercayaan sebesar 95 persen melalui metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara tatap muka.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.