Dark/Light Mode

Prabowo Subianto Perkasa di Survei Indikator, Ganjar dan Anies Kalah

Senin, 24 Juli 2023 14:50 WIB
Prabowo Subianto. (Foto: Antara)
Prabowo Subianto. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Elektabilitas bacapres Prabowo Subianto berada di posisi teratas dalam Lembaga survei Indikator Politik Indonesia (IPI). Prabowo mengalahkan Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Dalam simulasi 3 nama capres survei terbaru IPI yang dirilis Minggu (23/7), Prabowo Subianto meraih elektabilitas 36,8 persen, Ganjar Pranowo 35,7 persen, Anies Baswedan 21,5 persen. Sedangkan tidak jawab 6,1 persen.

Responden diberi pertanyaan 'Jika pemilihan presiden diadakan sekarang, siapa yang akan Ibu/Bapak pilih sebagai presiden di antara nama-nama berikut?'. 

Baca juga : Pilih Cawapres, Ganjar dan Anies Banyak Syaratnya

"Jadi sampai 3 nama perbedaan Ganjar dan Prabowo Subianto masih neck to neck meskipun Prabowo unggul tapi keunggulannya tipis. Dan Anies di peringkat ketiga 21,5% selisih kurang lebih 14% dibanding Ganjar," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam paparannya secara virtual, Minggu (23/7).

Selain itu, Burhanuddin memaparkan tren basis capres menurut basis Pilpres 2019 yakni Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Hasilnya tren dukungan basis Jokowi paling banyak mendukung Ganjar.

Dari tren dukungan dari basis Jokowi-Ma'ruf, Ganjar Pranowo meraih 49,3 persen,

Baca juga : Pantas Jadi Timses, Cawapres Pun Layak

Prabowo Subianto 28,5 persen, dan Anies Baswedan 14,0 persen.

Sedangkan, di basis Prabowo-Sandiaga, Prabowo mendapat angka 51,6 persen,

Anies Baswedan 41,0 persen, dan Ganjar Pranowo 5,9 persen.

Baca juga : Survei Capres IPN: Prabowo 42,3 Persen, Ganjar 37,4 Persen, Anies Cuma 17 Persen

Survei ini digelar pada 20-24 Juni 2023 terhadap 1.220 responden. Responden diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih.

Pemilihan sampel dilakukan dengan metode multistage random sampling. Adapun margin of error survei +/- 2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.