Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Muhammadiyah Aktualisasi GNRM Kemenko PMK dalam Program Terkini

Senin, 7 Agustus 2023 20:25 WIB
Kegiatan penanaman pohon sebagai implementasi Gerakan Nasional Revolusi Mental yang dilakukan Kemenko PMK yang bekerja sama dengan Muhammadiyah, di Palangka Raya, Kalimantan Tengah. (Foto: Dok. Muhammadiyah)
Kegiatan penanaman pohon sebagai implementasi Gerakan Nasional Revolusi Mental yang dilakukan Kemenko PMK yang bekerja sama dengan Muhammadiyah, di Palangka Raya, Kalimantan Tengah. (Foto: Dok. Muhammadiyah)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah bekerja sama dengan Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) menggelar sosialisasi program Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng), Jumat hingga Sabtu (4-5/8). Program GNRM itu diaktualisasikan dalam berbagai bentuk kegiatan terkini dengan tujuan agar lebih membumi di masyarakat luas. 

“Saat ini kami melakukan lima kegiatan di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, yakni menanam pohon, memberikan makan sehat dalam rangka mencegah stunting, workshop koperasi siswa, bersih-bersih masjid (Jumat Bersih), serta pelatihan keadaban digital dan pencegahan intoleransi,” ujar Sekretaris PP Muhammadiyah Izul Muslimin, dalam keterangan tertulisnya, Senin (7/8).

“Ada juga lomba TikTok antarpelajar, antarsekolah di berbagai provinsi di Indonesia,” sambungnya.

Baca juga : Ketum Pemuda Muhammadiyah Yakin Ganjar Lanjutkan Program Jokowi

Izul menjelaskan, terkait penanaman pohon, merupakan salah satu solusi untuk persoalan lingkungan yang sudah sangat krusial dan harus ditangani bersama-sama. Tidak hanya oleh mereka yang peduli pada persoalan khusus lingkungan ini, tapi Muhammadiyah sebagai organisasi keagamaan dan gerakan amal juga harus turut terlibat.

Pasalnya, lanjut Izul, kerusakan lingkungan ini sudah mengancam semua pihak. Tidak hanya orang-orang tertentu, namun juga masyarakat secara keseluruhan. Mereka sudah merasakan dampaknya, terutama perubahan iklim yang semakin mengancam dunia. Oleh karena itu, Izul berharap, program-program tersebut bisa dilanjutkan oleh pimpinan setempat. 

Workshop Koperasi Siswa, di Palangka Raya, Kalimantan Tengah

Menurutnya, program Pemerintah, dalam hal ini Kemenko PMK, lebih memberikan stimulan atau memberikan stimulasi. Dengan adanya program ini menyegarkan kembali dan lebih bersemangat lagi.

Baca juga : Muhammadiyah dan Kemenko PMK Tanam Pohon: Hikmahnya Besar

“Kegiatan ini sifatnya memfasilitasi dan memotivasi. Karena Muhammadiyah dalam kesehariannya sudah melakukan kegiatan seperti itu. Artinya ini untuk mengingatkan kembali karena kita ada enam program kegiatan itu,” kata Izzul, saat memberikan sambutan pada acara pembukaan di Gedung Sekolah Muhammadiyah Kota Serang, Jumat (21/7).

Pada pelaksanaan kali ini, lanjutnya, merupakan kegiatan simbolisasi bahwa kegiatan ini menjadi kepedulian bersama terkait dengan salah satu program Pemerintah, yaitu Revolusi Mental.

Izzul melanjutkan, penanaman Revolusi Mental dalam bentuk kegiatan-kegiatan tersebut nyata di masyarakat. Oleh karenanya, pada tahun ini, kegiatan seperti itu tidak hanya dilaksanakan di Banten, melainkan juga di tiga provinsi lainnya di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Kalimantan Tengah. “Secara seremonial dilakukan Muhammadiyah bekerja sama dengan Kemenko PMK di 4 wilayah tersebut,” kata Izzul.

Baca juga : Muhammadiyah Gulirkan 6 Program Khusus Gerakan Revolusi Mental Di Kota Serang

Namun demikian, Izzul menegaskan, Kemenko PMK tidak hanya bekerja sama dengan Muhammadiyah, tetapi juga dengan beberapa ormas, khususnya ormas keagamaan dan ormas pendidikan. “Perlu kami sampaikan bahwa (program dan kegiatan) ini tidak khusus dengan Muhammadiyah,” tegasnya.

Wakil Ketua PWM Kalteng Muchtar menyambut baik atas program dari Kemenko PMK yang bekerja sama dengan Muhammadiyah ini. “Kegiatan ini sangat bagus. Oleh karena itu, kami akan meneruskan kegiatan ini untuk waktu yang akan datang untuk disosialisasikan dan digalakkan,” katanya, usai seremonial pembukaan kegiatan tersebut, di Palangka Raya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.