Dark/Light Mode

Tumbuh 5,24 Persen, Ekonomi Jatim Tertinggi Di Pulau Jawa Pada Triwulan II 2023

Rabu, 9 Agustus 2023 20:25 WIB
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (kanan)  mengapresiasi ekonomi Jatim tertinggi d Pulau Jawa pada Triwulan II 2023. (Foto: Dok. Pemprov Jatim)
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (kanan) mengapresiasi ekonomi Jatim tertinggi d Pulau Jawa pada Triwulan II 2023. (Foto: Dok. Pemprov Jatim)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pertumbuhan ekonomi Jawa Timur pada periode Triwulan II 2023 tercatat tumbuh impresif sebesar 5,24 persen (y-o-y).

Angka pertumbuhan tersebut di atas angka pertumbuhan ekonomi nasional pada periode yang sama sebesar 5,17 persen.

Berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik (BPS), secara q-to-q ekonomi Jawa Timur pada periode tersebut juga tumbuh sebesar 2,66 persen.

Baca juga : Bos BNI Yakin Semua Sektor Ekonomi Bangkit Di Semester II 2023

Angka pertumbuhan tersebut tercatat tertinggi dari semua provinsi yang ada di Pulau Jawa. Provinsi Jawa Barat sebesar 2,08 persen, Jawa Tengah 1,61 persen, DKI Jakarta 1,25 persen, Banten 1,11 persen, sementara Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta sebesar 0,90 persen.

&

 

Baca juga : Tumbuh 5,17 Persen, Ekonomi Indonesia Di Atas AS Dan Singapura

Pada periode triwulan II 2023, ekonomi Jawa Timur juga berkontribusi signifikan pada pertumbuhan perekonomian nasional sebesar 14,45 persen, dan 25,23 persen terhadap perekonomian Pulau Jawa.

"Alhamdulillah secara year on year semua lapangan usaha di Jatim mengalami pertumbuhan positif," kata Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa (8/8).

Khofifah menjelaskan, tumbuhnya perekonomian Jawa Timur pada periode tersebut disokong meningkatnya aktivitas ekonomi masyarakat yang mendorong tumbuhnya permintaan domestik, meningkatnya volume perdagangan, serta menggeliatnya aktivitas pada sektor jasa.

Baca juga : Pengumuman! Ini 12 Pemenang Lomba Karya Jurnalistik IJTI-Pegadaian Tahun 2023

"Lapangan usaha yang mengalami pertumbuhan paling signifikan adalah transportasi dan pergudangan yang tumbuh sebesar 13,90 persen," ujar Khofifah.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.