Dark/Light Mode

Tumbuh 5,24 Persen, Ekonomi Jatim Tertinggi Di Pulau Jawa Pada Triwulan II 2023

Rabu, 9 Agustus 2023 20:25 WIB
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (kanan)  mengapresiasi ekonomi Jatim tertinggi d Pulau Jawa pada Triwulan II 2023. (Foto: Dok. Pemprov Jatim)
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (kanan) mengapresiasi ekonomi Jatim tertinggi d Pulau Jawa pada Triwulan II 2023. (Foto: Dok. Pemprov Jatim)

 Sebelumnya 
Menurutnya, faktor lain yang ikut mendorong tumbuhnya perekonomian Jatim, Khofifah yakni momentum libur hari besar keagamaan dan masa libur panjang sekolah dan aktifitas pemerintahan.

Momentum libur panjang terbukti mengerek kenaikan aktifitas ekonomi masyarakat dan kenaikan aktivitas moda transportasi di Jawa Timur.

Baca juga : Bos BNI Yakin Semua Sektor Ekonomi Bangkit Di Semester II 2023

Peningkatan kinerja investasi di Kawasan Ekonomi Khusus Gresik juga menjadi faktor penggerak ekonomi Jawa Timur, selain 3 sektor utama penggerak ekonomi lainnya seperti Industri Pengolahan yang berkontribusi sebesar 30,17 persen, perdagangan sebesar 18,75 persen, serta pertanian yang menyumbang sebesar 11,82 persen.

"Pertumbuhan positif di triwulan II tahun 2023 ini menjadi modal besar bagi Jawa Timur untuk mengakselerasi roda perekonomian hingga akhir tahun 2023," tutur Khofifah.

Baca juga : Tumbuh 5,17 Persen, Ekonomi Indonesia Di Atas AS Dan Singapura

Lebih lanjut Khofifah mengatakan, Pemprov Jatim akan terus mendorong akselerasi pertumbuhan ekonomi di sektor transportasi melalui optimalisasi layanan transportasi umum/massal.

Seperti bus rapid transit pada jaringan antar daerah melalui Bus Trans Jatim, serta program mudik balik gratis transportasi darat dan laut di momentum Hari Raya Idul Fitri.

Baca juga : Pengumuman! Ini 12 Pemenang Lomba Karya Jurnalistik IJTI-Pegadaian Tahun 2023

Pemprov Jatim juga terus berkomitmen dalam upaya meningkatkan Kerjasama antar daerah melalui Misi Dagang Dalam Negeri dengan Provinsi Mitra dan Misi Dagang Luar Negeri.

"Dengan semangat Optimis Jatim Bangkit, kita optimis pertumbuhan ekonomi Jawa Timur di 2023 akan lebih baik dibanding tahun sebelumnya," pungkas Khofifah.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.