Dark/Light Mode

Rayakan Dies Natalis Ke-37, Ini Pesan Wapres Untuk Unija Sumenep

Rabu, 9 Agustus 2023 22:13 WIB
Wapres, Ma’uf Amin
Wapres, Ma’uf Amin

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin meminta agar minat belajar masyarakat DI wilayah Madura ditingkatkan.  

Hal itu disampaikan Wapres saat menyampaikan orasi ilmiah pada Dies Natalis ke-37 dan Wisuda Magister, Sarjana, dan Diploma Universitas Wiraraja (Unija), Jl. Raya Sumenep – Pamekasan Km 05 Patean, Sumenep, Jawa Timur (Jatim), Rabu (9/8).

“Saya minta ini ditingkatkan. Saya titip kepada Universitas Wiraraja, untuk terus menggerakkan minat belajar dan sekolah masyarakat Madura,” tegas Amin.

Lulusan pendidikan tinggi, menurut Wapres, sangat dibutuhkan karena memiliki kedalaman wawasan dan pengetahuan yang dapat didarmabaktikan bagi kemaslahatan masyarakat, bangsa dan negara

Baca juga : Tiba Di Dubai, Iniesta Merapat Klub Uni Emirat Arab

“Saya ingin semakin banyak rakyat Indonesia yang meraih gelar sarjana, bahkan lebih tinggi lagi,” ujar Wapres bersemangat.

Selain itu, Wapres menekankan, bahwa meraih pendidikan tinggi juga dianjurkan oleh syariat agama, karena akan memberikan kebahagian tidak hanya di dunia, tetapi juga di akhirat.

“Saya ingin mengingatkan bahwa mengejar pendidikan duniawi sama sekali tidak bertentangan dengan ajaran agama. Dalam agama Islam, umat muslim dianjurkan untuk meraih ilmu demi memperoleh kebaikan di dunia dan akhirat,” ungkap Wapres.

Hal ini, sambungnya, sesuai dengan pernyataan Imam Syafii yang 
menyebutkan“Barang siapa yang menginginkan kebahagiaan dunia, maka hendaknya dengan ilmu. Dan barang siapa yang menginginkan kebahagiaan akhirat, maka hendaknya dengan ilmu. Dan barang siapa yang menginginkan kebahagiaan dunia akhirat, maka hendaknya dengan ilmu”.

Baca juga : Dibayangi Topan Khanun, Mulai Besok Pagi, Korsel Evakuasi Peserta Jambore Dunia

Di sisi lain, Wapres mengingatkan, pendidik di Unija tetap harus memperhatikan kearifan lokal di tengah gempuran teknologi dan inovasi global.
“Saya berpesan kepada Universitas Wiraraja agar menyelenggarakan pendidikan dengan tetap memperhatikan kearifan lokal, seperti pesan Ki Hajar Dewantara. Artinya, meskipun pendidikan diselenggarakan secara dinamis mengikuti perkembangan zaman, namun tidak lepas dari kultur dan karakter masyarakat setempat,” pintanya.

Masyarakat Madura, kata Wapres dikenal sebagai pekerja keras dan pandai berwirausaha. Untuk itu, ia berharap, pendidikan kewirausahaan di Unija terus dikembangkan.

“Saya harapkan Universitas Wiraraja dapat terus mengoptimalkan modal sosial-ekonomi tersebut sehingga kewirausahaan di Madura terus berkembang, produk lokal yang kreatif dan inovatif terus bermunculan, dan perekonomian Madura semakin melesat,” kata Wapres optimis.

Selain itu, dengan nilai-nilai agama yang kuat di masyarakat Madura, Wapres meyakini, dapat mendukung Indonesia menjadi pusat halal dunia, yang ditargetkan terealisasi pada 2024.

Baca juga : Terus Mengalir, Dukungan Pesantren Untuk Capres Anies

“Nilai-nilai agama yang kuat di masyarakat Madura, dipadukan dengan kewirausahaan yang hebat, akan mendorong bertumbuhnya ekonomi dan keuangan syariah di tingkat lokal, serta memperkuat ekonomi dan keuangan syariah nasional,” tegasnya.

Terakhir, Wapres menyampaikan selamat dan sukses kepada lulusan yang Unija yang diwisuda pada hari tersebut.

“Semoga bekal ilmu, keahlian, dan pengalaman yang telah saudara peroleh akan mendatangkan maslahat bagi umat, bangsa dan negara,” pungkasnya.■


 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.