Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Jokowi Soal Presiden 2024: Napas Panjang Itu Penting, Ibarat Lari, Ini Marathon

Kamis, 10 Agustus 2023 14:22 WIB
Presiden Jokowi (Foto: Instagram)
Presiden Jokowi (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Siapa presiden mendatang? Hal terpenting dalam pilpres bukanlah tentang itu. Figur yang dibutuhkan adalah yang, sanggupkah bersikap konsisten. Yang punya keberanian menghadapi tekanan. Memiliki nyali dan daya tahan.

“Nafas panjang itu penting. Ibarat lari, ini marathon,” kata Presiden Jokowi, saat bertemu dengan sejumlah pemimpin media massa nasional di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (10/8/2023).

Pertemuan dimulai pukul 10.45 dan berakhir pada pukul 13.00 WIB. Suasananya sangat cair. Tidak formal, karena obrolannya santai saja.

Baca juga : Hina Presiden, Rocky Gerung Disentil Partai Perindo

Sambil paparan, Presiden juga berkenan ditanyai, atau diceletuki. Bahkan saling canda sampai tertawa ngakak-ngakak.

Direktur Pemberitaan Rakyat Merdeka-RMid Ratna Susilowati, salah satu pimpinan media yang diundang. Selain itu juga hadir antara lain Rosiana Silalahi (KompasTV), Retno Pinasti (Emtek Group), Alfito Deannova (Detikcom), Uni Lubis (IDN Times), Prabu Revolusi (MNC Group), Apreyvita (BTV), Irna Gustiawati (Liputan6), dan Budi Setyarso (Tempo).

Presiden didampingi Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno serta Deputi Protokol Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Surprise Pertumbuhan Ekonomi

Baca juga : Prabowo: Yang Penting Rakyat Indonesia Menang

Dalam kesempatan itu, Presiden mengaku surprise melihat pertumbuhan ekonomi Indonesia di angka 5,17 persen. Padahal sebelumnya, banyak yang pesimis hanya di kisaran 4,9-5 persen saja.

“Ini adalah sesuatu. Di saat kondisi global yang berat,” ujar Presiden.

Hilirisasi Jangan Berhenti

Satu hal yang jadi sorotan Presiden tentang hilirisasi. Ini penting. Meskipun hilirisasi digugat Uni Eropa dan dihambat sejumlah negara.

Baca juga : Gerakan Passeddingeng Ganjar Gelar Pelatihan Tata Rias Di Bone

“Jangan sampai berhenti. Kita harus berani,” tegasnya.

Hilirisasi menjadi salah satu penopang tingginya pertumbuhan ekonomi. Sulawesi, misalnya, tumbuh 6,6 persen karena ada hilirisasi di Morowali.

"Kalau konsisten, selama 15 tahun ke depan, income perkapita Indonesia akan naik signifikan. Indonesia akan masuk menjadi negara maju," papar Jokowi. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.