Dark/Light Mode

Yenny Wahid Siap Cawapres

Pengamat: Pasangan Yang Diinginkan Capres Memang Dari NU

Sabtu, 12 Agustus 2023 19:58 WIB
Zannuba Ariffah Chafsoh atau akrab disapa Yenny Wahid. Foto: Istimewa
Zannuba Ariffah Chafsoh atau akrab disapa Yenny Wahid. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengamat Politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) Ujang Komarudin menilai pernyataan Zannuba Ariffah Chafsoh atau akrab disapa Yenny Wahid yang menyatakan siap maju sebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres) merupakan sinyal positif bagi semua Capres di setiap koalisi.

Sebab, menurut Ujang, semua Capres dengan koalisi yang telah terbentuk sementara ini menginginkan calonnya dari kalangan Nahdlatul Ulama (NU).

Seperti diketahui saat ini ada tiga Capres yang muncul. Antara lain Prabowo Subianto yang sudah didukung Gerindra-PKB, Ganjar Pranowo didukung PDI Perjuangan dan PPP, serta Anies Baswedan yang didukung PKS, Demokrat dan Nasdem.

"Ini sinyal yang bagus bagi tiga Capres yang sudah memenuhi threshold atau tiket Capres yakni Pak Prabowo, Pak Ganjar dan Pak Anies. Ketiga capres ini merebut figur pendamping dari kalangan Nahdliyyin," kata Ujang d Jakarta, Sabtu (12/8).

Baca juga : Herman Khaeron: Yang Paling Tepat Adalah Mas AHY

Direktur Indonesia Political Review (IPR) menjelaskan, saat ini banyak tokoh-tokoh NU yang potensial untuk maju sebagai Cawapres.

Namun sejauh ini baru Yenny yang berani secara terbuka mengatakan siap bila ada yang melamar.

"Tokoh NU ini kan banyak yang muncul di berbagi survei misal ada Khofifah, Kiai Said Aqil Siradj, Ketum PB NU Yahya Cholil Staquf dan lainnya. Namun baru mbak Yenny yang mengaku siap. Tentu ini bisa menjadi pertimbangan bagi capres yang ada," katanya.

Ujang mengungkapkan tokoh NU selalu menjadi rebutan setiap Pilpres. Karena jumlah warganya yang mencapai puluhan juta di seluruh Indonesia.

Baca juga : Gibran: Saya Ini Kan Cuma Anak Ingusan

Dalam hal ini, Yenny Wahid sangat merepresentasikan NU karena dia merupakan keturunan dari KH. Hasyim Asy'ari sang pendiri NU.

"Mbak Yenny ini sangat mewakili kaum Nahdliyyin, meskipun saat ini tidak berada di struktural. Namun dia ini dianggap mewakili NU karena bapaknya mantan Ketum PBNU dan kakek buyutnya pendiri NU," ungkapnya.

Sebelumnya, nama putri kedua Presiden ke-4 Republik Indonesia Abdurrahman Wahid, yakni Yenny Wahid muncul sebagai Bacawapres pada Pilpres 2024. Kesiapan putri kedua Presiden ke-4 Republik Indonesia Abdurrahman Wahid, yakni Yenny Wahid untuk ikut terjun di Pilpres 2024 ternyata juga disambut positif oleh poros koalisi pengusung Ganjar Pranowo.

Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani mengaku membuka peluang terhadap Yenny untuk masuk ke dalam bursa bakal capres Ganjar.

Baca juga : Wanita Nelayan Ganjar Bantu Pengembangan Produk Ikan Asin Di Pangandaran

"Ya tanya Mbak Yenny. Kami terbuka untuk masuknya nama-nama dalam list yang nanti akan menjadi calon bacawapres," ungkap Puan.

Kendati demikian, saat ini baru Partai NasDem yang berdiskusi kepada Yenny membahas kontestasi Pilpres 2024. Diskusi tersebut bukan berarti NasDem memaksakan Anies meminang Yenny menjadi cawapres.

NasDem tetap memberikan hak penuh kepada Anies untuk memilih pendamping yang tepat. Dikenal sebagai tokoh perempuan dari Nahdlatul Ulama. Pada kontestasi 2019, Yenny terlibat aktif dalam upaya memenangkan pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.