Dark/Light Mode

Ini 5 Besar Pengamat Politik Yang Paling Disukai Netizen

Senin, 17 Juli 2023 16:54 WIB
Pengamat politik Rocky Gerung, Hendry Satrio dan Saiful Mujani. (Foto: Ist)
Pengamat politik Rocky Gerung, Hendry Satrio dan Saiful Mujani. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jayabaya Engine X merilis hasil survei pengamat politik terpopuler berdasarkan hasil percakapan media sosial.

Dalam data yang dikumpulkan sejak 1 Januari 2023 hingga 12 Juli 2023, terdapat lima besar pengamat politik yang tingkat ketersukaan oleh netizen terbilang tinggi.

Baca juga : Kemenparekraf Gelar Sinema Keliling Di Jambi

Peringkat pertama yang paling populer adalah Rocky Gerung (19 persen), diikuti Saiful Mujani (13,4 persen) dan Effendi Gazali (15,3 persen). Peringkat keempat ada nama Hendri Satrio (11,8 persen), dan di posisi kelima Denny JA (10,4 persen).

Pengamat Politik Dennya JA dan Effendi Gazali. (Foto: Ist)

Menurut peneliti Jayabaya Engine X, Gumilar Satriawan, data tersebut berdasarkan mixed user 4880 net user. “Big Data ini mengambil data dari media sosial dan media online. Semakin sering disebut di media-media online dan media sosial, maka orang tersebut semakin populer. Orang terkenal, orang populer itu kan yang paling sering dibicarakan,” ucap Gumilar, Senin (17/7).

Baca juga : Politik Uang Marak Di Pemilu, Firli Cs Gregetan

Gumilar menjelaskan, nama-nama tersebut oleh pihaknya diambil secara random dan tidak memiliki kriteria tertentu atas pilihan nama tersebut. “Jika sering muncul di TV, YouTube, media sosial dan media online, maka nama orang tersebut kami ambil. Nah itu saya ambil sebagai subject. Pengamat politik nasional maupun lokal,” katanya.

Ia menjelaskan, peringkat tersebut selalu mengalami perubahan, tergantung durasi proses data mining dan jumlah usernya. “Urutan ini bisa berubah tergantung kepada durasi proses data mining dan jumlah usernya,” jelas Gumilar.

Baca juga : Elektabilitas Prabowo Naik, Pengamat: Ini Membuktikan Dia Capres Yang Inginkan

Pengamat politik lainnya yang masuk dalam radar Jayabaya Engine-X diantaranya Burhanuddin Muhtadi (8,4 persen), Akbar Faisal (6,2 persen), Eep Saefulloh Fatah (5,1 persen), Refly Harun (3,4 persen) dan Yunarto Wijaya (2,6 persen).

Disusul oleh Siti Zuhro (1,5 persen), Adi Prayitno (1,1 persen), Firman Manan (1 persen) dan Muhammad Qodari (0,5 persen). Selanjutnya terdapat nama Toto Izul Fatah (0,3 persen), Ikrar Nusa Bakti (0,1 persen), Hasan Hasbi (0 persen), dan terakhir Tjipta Lesmana (0 persen). 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.