Dark/Light Mode

Supaya KPK Bisa Ngegas, Firli Cs On-kan, Agus Cs Off-kan

Kamis, 19 September 2019 10:11 WIB
Ilustrasi KPK. (Foto : KPK.go.id).
Ilustrasi KPK. (Foto : KPK.go.id).

 Sebelumnya 
Desakan agar Firli Cs segera dilantik juga disampaikan ratusan orang yang mengatasnamakan Masyarakat Penegak Demokrasi (MPD). Kemarin, mereka melakukan ak si di depan Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Se latan.

Mereka datang dengan membawa sejumlah spanduk dan poster dengan beragam tulisan. Ada “Pak Presiden percepat pelantikan pimpinan baru KPK”.

Ada “Saut dan Pegawai yang Mundur Segera Out dari Gedung KPK”. Ada juga “Malu Dong Masih Pake Fasilitas KPK”.

Sebagian pengunjuk rasa tampak mengenakan kostum sejumlah tokoh pewayangan. Seperti Hanoman, Bima, Arjuna, dan para Punakawan.

Baca juga : Bagaimana Bisa Lepas dari Cengkeraman Mafia Bola?

“Jumlah kita satu, tujuan kita satu, percepat pelantikan pimpinan KPK ter pilih,” kata Koordinator MPD, Zulfikar alias Mat Peci, saat berorasi.

Zulfikar lalu mendesak para pimpinan dan pegawai KPK yang telah menyatakan mengundurkan diri untuk meninggalkan Gedung KPK.

Tidak perlu kerja lagi. Mereka juga meminta pimpinan KPK baru membu bar kan Wadah Pegawai (WP) KPK.

“Pelemahan justru datang dari internal KPK sendiri. Tidak sepatutnya me reka membangun konsolidasi di dalam gedung ini, gedung yang dibuat dengan uang negara, sementara mereka menolak menaati undang-undang,” sambungnya.

Baca juga : Nahrawi, Imam Yang Tak Patut Dicontoh

Zulfikar mengatakan, dipercepatnya positif,” ujar Zulfikar. Dia meminta pimpinan KPK yang lama berjiwa besar untuk mengundurkan diri dari jabatannya.

Sebab, mereka sudah tidak mampu lagi memimpin KPK. Ada berbagai tinda kan pelanggaran, penyalahgunaan kekuasaan, dan pembangkangan yang membuat kinerja KPK terganggu.

Agus Cs, lanjutnya, telah melakukan manuver yakni pengembalian mandat ke Presiden. Sehingga, seolah-olah presiden dianggap bersalah dengan segala kekacauan di tubuh KPK.

“Padahal, para pimpinan KPK yang lama ini lah yang bertanggung jawab atas segala permasalahan di KPK saat ini,” tegasnya.

Baca juga : Wiranto Dituding Tidak Peka Dengan Penderitaan Rakyat

MPD, tambah Zulfikar, juga mengapresiasi keputusan DPR yang telah me ngesahkan revisi UU KPK.

“Kami sangat mendukung UU KPK yang sudah disahkan,” ujarnya. Beberapa perempuan cantik yang mengikuti aksi membagikan bunga mawar kepada anggota kepolisian yang mengawal aksi tersebut.

Aksi yang berlangsung sejak sekitar pukul 2:30 siang hingga 4:15 sore itu berjalan tertib. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.