Dark/Light Mode

Survei SRS: Nahdliyin Jatim Lebih Pilih Prabowo

Rabu, 16 Agustus 2023 08:14 WIB
Surabaya Research Syndicate (SRS) merilis hasil survei bursa Capres 2024 di Jatim, Selasa (15/8). Foto: Istimewa
Surabaya Research Syndicate (SRS) merilis hasil survei bursa Capres 2024 di Jatim, Selasa (15/8). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Surabaya Research Syndicate (SRS) merilis hasil survei bursa Capres 2024 di Jatim. Survei membuktikan, warga Nahdatul Ulama atau nahdliyin cenderung memilih Prabowo Subianto, ketimbang Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

"Berdasarkan analisis tabulasi silang dari hasil survei kami, nahdliyin 41,5 persen cenderung memilih Prabowo. Sebanyak 36,5 persen menjatuhkan pilihan pada Ganjar sedangkan yang memilih Anies hanya 10,8 persen dan 11,2 persen masih galau," kata Direktur SRS, Edwin Abdul, saat merilis hasil survei, Selasa (15/8).

Dikatakan, Provinsi Jatim merupakan basis terbesar nahdliyin. Sehingga hampir selalu menjadi penentu kemenangan dalam Pilpres.

Baca juga : Survei LSI Di Lampung, Pemilih Anies Beralih Ke Prabowo

Edwin mengungkap faktor yang bikin elektabilitas Prabowo salah satunya fenomena Jokowi effect. Publik Jatim meyakini, endorsement Jokowi lebih mengarah kepada Prabowo.

Selain itu, faktor kerja sama Prabowo dengan Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang punya basis suara signifikan di Jatim.

"PKB bagaimana pun partainya nahdliyin," tuturnya.

Baca juga : Relawan Jokowi Se-Jatim Deklarasi Dukung Prabowo

Pun, survei ini juga membuat simulasi head to head antara Prabowo dan Ganjar di Jatim. Hasilnya, Prabowo unggul dengan elektabilitas 50,2 persen. Ganjar hanya mendapatkan elektabilitas sebesar 45,6 persen.

"Pendukung mantan Gubernur Jakarta Anies Baswedan di Jawa Timur cenderung bermigrasi ke Prabowo," ungkapnya.

Diketahui, Survei SRS ini dilakukan medio 2-11 Agustus 2023 di seluruh Kabupaten atau Kota di Provinsi Jatim dengan jumlah sampel sebanyak 1.000 responden yang diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak sistematis. Adapun, Margin of rlerror +/- 3,1 persen pada tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.