Dark/Light Mode

Libatkan Masyarakat Sekitar, Museum Perang Sintuk Gelar Upacara HUT Ke-78 RI

Kamis, 17 Agustus 2023 21:08 WIB
Upacara Kemerdekaan ke-78 RI yang digelar warga sekitar Museum Perang Sintuk yang berada di desa Sintuk Toboh Gadang Sintoga Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat, Kamis (17/8). (Foto: Istimewa)
Upacara Kemerdekaan ke-78 RI yang digelar warga sekitar Museum Perang Sintuk yang berada di desa Sintuk Toboh Gadang Sintoga Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat, Kamis (17/8). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Museum Perang Sintuk yang berada di desa Sintuk Toboh Gadang (Sintoga) Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) menggelar upacara bendera di hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

Upacara yang digelar Kamis (17/8) ini melibatkan masyarakat yang tinggal di sekitar museum.

Kepala Museum Perang Sintuk Rio Tampati Putra menjelaskan, upacara masyarakat di Museum Perang Sintuk merupakan agenda Tahunan untuk memperingati HUT Ke-78 RI sekaligus memperingati kepahlawanan pejuang di Sintoga saat Perang Kemerdekaan tahun 1947 - 1949 .

Baca juga : Wujud Syukur Kemerdekaan, Pesantren Ngruki Gelar Upacara HUT RI

"Museum Perang Sintuk adalah simbol perjuangan rakyat Sintoga dalam mempertahankan kemerdekaan, karena itulah masyarakat juga antusias melaksanakan upacara bendera di museum saat memperingati Hari Kemerdekaan RI," ungkap Rio kepada RM.id, Kamis (17/8).

Faris selaku komandan upacara menjelaskan, upacara bendera yang melibatkan masyarakat di Museum Perang Sintuk pertama kali dilaksanakan ditahun 2019 dengan melibatkan Wali Korong, masyarakat Simpang 3 Sintuk dan Mahasiswa yang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di desa tersebut.

"Makna upacara di museum adalah mengenang jasa pejuang Sintoga dalam perang tahun 1947 - 1949," ujar Faris.

Baca juga : Ganjaran Buruh Berjuang Gelar Upacara Kemerdekaan Di Subang

Museum Perang Sintuk resmi berdiri pada 27 Januari 2021. Ini menjadi museum perjuangan satu-satunya yang ada di Kabupaten Padang Pariaman. Museum ini memiliki 300 Koleksi sejarah.

Museum Perang Sintuk diresmikan Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur pada 11 Mei 2022. Saat ini Museum Perang Sintuk memiliki anggota tetap sebanyak 110 orang terdiri dari Anggota Sanggar Museum dan Komunitas Film Museum.

Ketua Paskibra Museum Perang Sintuk, Cheesya Alfatunisa mengatakan, upacara peringatan kemerdekaan yang rutin digelar di museum.

Baca juga : Latihan Persib Bernuansa HUT Ke-78 RI

"Upacara ini juga menjadi sebuah momen untuk mengingat jasa para pahlawan yang gugur di pertempuran saat merebut dan mempertahankan kemerdekaan," ujar Cheesya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.