Dark/Light Mode

2 Bulan Tak Diguyur Hujan, Relawan Bantu Korban Kekeringan Di Bogor

Kamis, 17 Agustus 2023 22:03 WIB
Lembaga kemanusiaan Indonesia Care menyalurkan bantuan air bersih hingga 25 ribu liter ke Desa Weninggalih, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor.
Lembaga kemanusiaan Indonesia Care menyalurkan bantuan air bersih hingga 25 ribu liter ke Desa Weninggalih, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor.

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga kemanusiaan Indonesia Care menyalurkan bantuan air bersih hingga 25 ribu liter ke Desa Weninggalih, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor. Daerah ini, mengalami kekeringan setelah tidak diguyur hujan selama dua bulan.

"Pengiriman air bersih ini, ditujukan sebagai salah satu upaya Indonesia Care memerdekakan masyarakat dari bencana kekeringan," ujar Direktur Eksekutif Indonesia Indonesia Care Lukman Azis, kepada RM.id, Kamis (17/8).

Disebutkan, kegiatan ini bisa terealisasi atas kerja sama strategis pihaknya bersama Aliansi Jurnalis Peduli Lingkungan (AJPLI), PT Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLI) dan Oke Komunika.

Semua unsur ini, bersinergi menyalurkan air bersih di Desa Weninggalih. Lukman menceritakan, pihaknya turun gunung ke desa tersebut seusai banyak media yang mewartakan kekeringan di Desa Weninggalih.

Baca juga : Selama Dua Tahun Berkuasa, Taliban Bikin 51 Aturan Kekang Hak Perempuan

Indonesia Care, berupaya mencari dukungan untuk membantu masyarakat yang menderita. Sejumlah upaya tengah dilakukan. Di tahap pertama ini, pihaknya mengirimkan bantuan air bersih sebanyak 25 ribu liter.

Air yang disalurkan untuk kebutuhan rumah tangga, hingga sarana ibadah berupa penyediaan air berwudhu.

"Kondisi saat ini kekeringan masih terus terjadi, masyarakat masih membutuhkan dukungan air bersih. Ini salah satu upaya yang kita lakukan, kita salurkan di desa terparah Weninggalih," singkatnya.

Kepala Desa (Kades) Weninggalih Mamat Rahmat mengucapkan rasa terima kasihnya atas bantuan air bersih yang telah diterima oleh masyarakat.

Baca juga : Ganjar Distribusikan 7,1 Juta Liter Air Bersih Untuk Hadapi Kekeringan Di Jateng

"Memang di Desa Weninggalih sekarang krisis air, bahkan kami telah berkoordinasi dengan BPBD terkait kekurangan air. Suplai yang dikirim dari BPBD masih sangat terbatas," kata Mamat.

Desa Weninggalih, kata Mamat, telah mengalami krisis air bersih sejak dua bulan yang lalu, semenjak musim kemarau melanda. Di Dusun 3, Pemerintah Desa (Pemdes) sempat melakukan upaya pengeboran guna mencari titik air agar masyarakat tak lagi mengalami kesulitan air bersih.

"Setelah digali hingga 200 meter, kami belum menrmukan air sama sekali, hasil geolistrik 5 titik di Dusun 3 itu tidak menemukan mata air dan kami sudah mengajukan ke pemkab, namun karena tidak ada sumber air, program tersebut tidak bisa dilakukan di Dusun 3 Weninggalih," paparnya.

Harapan warga Desa Weninggalih adalah masuknya pipa-pipa penyaluran air yang dikelola oleh Perumda Air Minum Tirta Kahuripan, terkhusus di Dusun 3.

Baca juga : Dongkrak Elektabilitas Ganjar, Relawan Gelar Festival Musik Di Bogor

"Dua bulan terakhir karena gak hujan, di Desa Weninggalih terutama Dusun 3 mengandalkan air resapan hujan. Makanya di setiap rumah pasti ada tangki penampungan. Di Dusun 3, sekitar 1.500 Jiwa. Satu Desa terdampak semua, tapi alhamdulillah disana, di Dusun 1 dan 2 dapet program dari pamsimas, jadi gak terlalu kekurangan air," pungkasnya.

Pemantauan Indonesia Care, sepanjang jalur menuju Dusun 3 tampak sawah sejauh mata memandang kering dan tak lagi hijau. Saluran irigasi dan sungai kering kerontang.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.