Dark/Light Mode

Bila Tak Diusung PDIP Di Kota Depok

Relawan Dorong Kaesang Maju Jalur Perseorangan

Senin, 7 Agustus 2023 07:45 WIB
Kaesang Pangarep. (Foto: Twitter @erinagudono)
Kaesang Pangarep. (Foto: Twitter @erinagudono)

RM.id  Rakyat Merdeka - Relawan Kaesang Pangarep tak gentar bila semua partai politik (parpol) memutuskan tak mengusung Kaesang di Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Kota Depok 2024. Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu bisa maju melalui jalur perseorangan.

Anggota Relawan Sahabat Kaesang (Saka), Yoyok Effendi menegaskan, Kaesang tetap bisa berlaga di Pilkada Kota Depok 2024, meski tak diusung parpol. Mantan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok ini mengatakan, Kaesang bisa menjadi calon Wali Kota Depok melalui jalur calon inde­penden atau jalur perseorangan.

“Maju dari jalur perseorangan masih diperbolehkan oleh un­dang-undang (UU). Syarat dukungannya juga masih relatif mudah, karena banyaknya dukungan dari masyarakat dan kelompok relawan di Depok, yang sudah terang-terangan mendorong Kaesang maju sebagai calon wali kota,” ujar Yoyok di Depok, Jawa Barat (Jabar), kemarin.

Lebih lanjut, dia menyindir sikap dan penilaian Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kota Depok, yang terkesan mendukung pencalonan Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Supian Suri, di Pilkada mendatang. Di menegaskan, penilaian Kaesang gagal maju bila tak mendapatdu­kungan PDIP merupakan pemikiran sesat dan tidak berdasar.

Baca juga : PKS Hadang Kaesang Maju Di Pilkada Depok

“Kalau ada yang bilang Kaesang tak akan jadi Wali Kota Depok karena tidak diusung PDIP, merupakan pernyataan orang bodoh yang tidak mengerti regulasi. Para pimpinan parpol tidak boleh jumawa dan jual mahal, soal pengusungan bakal calon wali kota di Pilkada men­datang,” cetusnya.

Yoyok memastikan, relawan Saka akan mendorong Kaesang menggunakan jalur perseorangan, bila tidak ada parpol yang mau mengusung Kaesang di Pilkada Kota Depok.

“Memang, kalau mau jadi calon kepala daerah, cuma lewat jalur partai doang? Ada jalur lain yang bisa mainkan, bro,” tandasnya.

Sebelumnya, Ketua DPC PDIP Kota Depok, Hendrik Tangke Allo mengatakan, selainKaesang Pangarep, Sekda Pemkot Depok, Supian Suri, masuk dalam kandidat bakal calon wali kota di Pilkada mendatang. Menurutnya, Supian mempunyai rekam jejak kinerja yang baik, selama menjabat sebagai Sekda Pemkot Depok.

Baca juga : PKS Tak Remehin Kaesang

“Saya melihat Supian Suri sebagai rising star. Dia lebih menjanjikan untuk membuat perubahan di Kota Depok,” ujar Hendrik di Depok, Jawa Barat (Jabar), Kamis (3/8).

Lebih lanjut, dia mengatakan, berbagai capaian dan kesuksesan program kerja di Depok, seperti penanganan sampah dan pengentasan kemiskinan, tak lepas dari peran Supian. Selain itu, lanjut dia, Supian juga memiliki peran besar dalam menjaga toleransi di Kota Depok.

Namun begitu, Hendrik me­negaskan, Supian baru sekadar bakal kandidat yang dipertim­bangkan, untuk diusung PDIP di Pilkada mendatang. Menurutnya, keputusan akhir tentang siapa bakal calon Wali Kota Depok Periode 2024-2029, ada di tangan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) dan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

Dia pun enggan bicara banyak tentang kans putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep. Hendrik menegaskan, keputusan tentang calon yang akan diusung, ada di DPP dan Ketua Umum PDIP. “Saya tidak mau menye­but Kaesang tidak diusung PDIP, ya.Semua menunggu keputusan DPP,” imbuhnya.

Baca juga : Relawan Anies: Tokoh Yang Lain Juga Gitu...

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Senin 7/8/2023 dengan judul Bila Tak Diusung PDIP Di Kota Depok, Relawan Dorong Kaesang Maju Jalur Perseorangan

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.