Dark/Light Mode

Jadi Ketum IKA-FH Unsri, Patra M Zen: Saatnya Kita Berikan Kontribusi Positif

Minggu, 20 Agustus 2023 19:43 WIB
Munas Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya di Palembang, Sumatera Selatan/Ist
Munas Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya di Palembang, Sumatera Selatan/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekretaris Jenderal Perhimpunan Advokat Indonesia Suara Advokat Indonesia (Peradi-SAI) Patra M Zen terpilih menjadi Ketua Umum Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya (IKA-FH Unsri) masa bakti 2023 - 2027 dalam Musyawarah Nasional (Munas) di Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (19/8). 

Bertempat di Lantai 8 Menara FH Unsri, Palembang, sekitar 500 alumni dari berbagai angkatan, dan beragam wilayah di Indonesia menghadiri Munas tahun 2023. 

Usai terpilih, Patra mengungkapkan sejumlah program ke ke depan. Dia akan melakukan perbaruan data base Ikatan Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya yang tersebar di seluruh Indonesia maupun luar negeri. Tujuannya, untuk membangun jaringan dan statistik para alumni.

“Ini mesti segera di-update datanya, untuk membantu membangun jaringan dan statistik sosial para alumni," katanya, Minggu (20/8).

Baca juga : Didorong jadi Ketum IKA UB, Sekjen PUPR: Raksasa Tidur Harus Kita Bangunkan

Dalam konteks pembangunan hukum nasional dan internasional, lanjut dia, IKA-FH Unsri akan membentuk Pokja Pembaruan Hukum.

Menurut dia, ribuan alumni FH tercatat berkiprah di pemerintahan serta bekerja menjadi aparat penegak hukum, baik yang masih aktif maupun yang sudah purna tugas.

"Pengalaman dan pemikiran para alumnus akan sangat bermanfaat diolah dan didokumentasikan untuk digunakan dalam rangka pembaruan hukum ditingkat domestik maupun regional," ujarnya.

Selanjutnya, Patra mengatakan IKA-FH Universitas Sriwijaya akan bekerja sama dengan Fakultas Hukum menyusun working paper; memberikan kritik dan masukan terhadap ASEAN treaty, Draft Rancangan Undang-Undang dan Peraturan Daerah.

Baca juga : Malam Ini Persib Vs Persis, Saatnya Maung Bandung Dapat 3 Poin

Di pemilihan ketua alumni, hadir para alumnus, antara lain Dekan FH Unsri, Dr. Febrian, Ketua Komisi Yudisial Republik Indonesia Prof. Amzulian Rifai, Direktur Pelanggaran Hak Asasi Manusia Berat Kejaksaan Agung Erryl Prima Poetra Agoes dan Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan, R.A. Anita Noeringhati.

Ketua Panitia Pelaksana Munas Anwar Sadat mengatakan, ada 5 kandidat Ketua Umum yang mencalonkan diri dan dicalonkan oleh peserta Munas tahun 2023.

Dalam sambutannya, Patra memberikan apresiasi kepada pihak Fakultas, Panitia Pelaksana dan semua alumni yang hadir dalam Munas.

Patra mengatakan, saat duduk di bangku Fakultas Hukum, semua mahasiswa mendapat bekal: pengetahuan, keterampilan, pengalaman, kesempatan belajar. Di kampus juga, mahasiswa menjalin pertemanan dan persahabatan.

Baca juga : BPIP: Indonesia Memiliki Segalanya Karena Beriman Dan Bersatu

“Saatnya semua alumni FH Unsri bisa lebih memberi kontribusi positif bagi Fakultas, sesama alumni, masyarakat, bangsa dan dunia,” ujar Patra.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.