Dark/Light Mode

Petugas KCIC Dibekali Skill Perawatan KA Cepat Dengan Standar Tinggi

Selasa, 22 Agustus 2023 15:53 WIB
Ilustrasi Kereta Cepat Jakarta Bandung. (Foto: KCIC)
Ilustrasi Kereta Cepat Jakarta Bandung. (Foto: KCIC)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam operasional dan perawatan Kereta (Api) KA Cepat merupakan faktor penting. Oleh karena itu, transfer pengetahuan dan teknologi terus dilakukan untuk meningkatkan kemampuan SDM Indonesia jelang KA Cepat beroperasi.

GM Corporate Secretary KCIC, perawatan KA Cepat Eva Chairunisa mengatakan bahwa Perawatan KA Cepat adalah aspek vital, sehingga mereka akan menerapkan standar tinggi untuk memastikan perjalanan KA Cepat berjalan tanpa kendala.

"Karena itu kemampuan dan kompetensi SDM terus kami asah melalui proses transfer teknologi dan pengetahuan yang berjalan dari para tenaga ahli yang telah terlatih untuk merawat KA Cepat," kata Eva.

Baca juga : Ikut Jokowi Ke Afrika, Pertamina Kerja Sama Dengan Perusahaan Energi Kenya

Ia menambahkan, bahwa kehadiran KA Cepat di Indonesia membuka peluang bagi peningkatan kompetensi SDM dalam perkeretaapian. Hal ini akan berdampak positif pada industri perkeretaapian di Indonesia.

Karena 160 pegawai akan mendapatkan transfer pengetahuan tentang perawatan KA Cepat di Depo Tegalluar dari tenaga ahli. Dari mereka, 40 diantaranya akan ditugaskan sebagai EMU Maintenance.

"SDM Indonesia bisa mempelajari langsung hal-hal terkait perawatan dan pemeliharaan KA Cepat langsung dari tenaga ahli. Tentu saja hal ini menjadi investasi yang sangat baik untuk masa depan dunia perkeretaapian Indonesia," lanjutnya.

Baca juga : Gus Halim: Kemeriahan Peringatan Kemerdekaan Bukti Tingginya Rasa Nasionalisme

Depo Tegalluar sebagai tempat parkir KA Cepat memiliki 11 rangkaian kereta penumpang dan 1 rangkaian kereta inspeksi Jakarta-Bandung

Depo seluas 85,4 hektar ini memiliki tujuh area utama untuk berbagai kebutuhan perawatan dan operasional KA Cepat. Semua area ini memiliki fungsi berbeda, mulai dari perawatan ringan hingga berat.

Di Depo Tegalluar, pemeriksaan KA Cepat dilakukan secara berkala, termasuk perawatan reguler setiap 2 hari setelah jam operasional selesai. Ia melibatkan penggantian spare part dan pemeriksaan ultrasonik untuk mendeteksi keretakan komponen kereta. Juga dilakukan pemeriksaan roda, pantograf, pengujian statis dan dinamis rangkaian KA Cepat, hingga perbaikan dari level 1 hingga 3.

Baca juga : Pemprov Kalbar Wajibkan Pembayaran Pengadaan Barang Lewat Toko Daring

Menurut Eva, Depo Tegalluar memiliki fasilitas yang lengkap dan mumpuni, guna memastikan KA Cepat dalam kondisi prima sebelum beroperasi. 

"Dengan fasilitas perawatan yang unggul dan didukung SDM yang kompeten, perjalanan KA Cepat diharapkan bisa berjalan tanpa kendala," ujar Eva.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.