Dark/Light Mode

PWS: Prabowo Masih Puncaki Klasemen Bursa Capres 2024

Kamis, 24 Agustus 2023 23:04 WIB
Rilis survei Political Weather Station. (Foto: Istimewa)
Rilis survei Political Weather Station. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Enam bulan menuju coblosan Pemilu 2024 di 14 Februari 2024, elektabilitas Prabowo Subianto masih berada di papan atas bursa Capres.

Bergabungnya Partai Golkar dan partai Amanat Nasional (PAN) dalam koalisi pendukung Prabowo semakin menambah energi pemenangan.

"Berdasarkan hasil survei PWS yang dilakukan melalui berbagai format pertanyaan dan format simulasi, posisi Prabowo Subianto di puncak elektabilitas masih tetap belum tergoyahkan oleh Ganjar Pranowo, apalagi Anies Baswedan,” ujar Peneliti Utama PWS, Sharazani VB, saat merilis hasil survei secara daring, Kamis (24/8).

Sharazani merincikan, keunggulan Prabowo atas Ganjar dan Anies terjadi di semua lini. Mulai dari pertanyaan secara terbuka. Sebanyak 26,5 persen responden secara spontan menyebut nama Prabowo, unggul atas Ganjar Pranowo (22,8 persen) dan Anies Baswedan (13,2 persen).

Baca juga : Yuvraj dan Yu-Cheng Bersaing di Puncak Klasemen BNI Ciputra Golfpreneur 2023

Kemudian ketika PWS mengajukan pertanyaan secara tertutup dengan simulasi 10 nama tokoh. Hasilnya, Prabowo meraih 32,9 persen suara responden. lalu Ganjar (28,3 persen) dan Anies (15,3 persen).

Begitu pula ketika PWS mengajukan pertanyaan tertutup dengan simulasi tiga nama saja, elektabilitas Prabowo masih tetap leading dengan 40,8 persen, Ganjar konsisten di posisi kedua dengan 35,6 persen dan Anies stabil di posisi ketiga dengan 19,5 persen.

Dominasi Prabowo Subianto terhadap Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan semakin signifikan ketika PWS mencoba membuat simulasi secara head to head.

Jika Pilpres hanya diikuti dua capres, Prabowo Vs Ganjar, ternyata sebanyak 52,6 persen responden menyatakan dukungannya pada Prabowo. Sementara itu, Ganjar hanya dipilih oleh 42,8 persen atau terpaut sekitar 10 persen dari Prabowo.

Baca juga : Petir Bumi Deklarasikan Duet Ganjar-Prabowo Di Pilpres 2024

Lebarnya gap elektabilitas kedua capres ini dikarenakan jika Pilpres hanya diikuti dua calon, pendukung Anies cenderung bermigrasi ke Prabowo dibandingkan ke Ganjar.

Sementara itu, ketika PWS membuat simulasi head to head Prabowo Vs Anies, jarak elektabilitasnya semakin melebar. Sebanyak 58,4 persen responden mengaku memilih Prabowo dan hanya 36,5 persen yang menyatakan pilihannya pada Anies.

"Dengan demikian keunggulan elektabilitas Prabowo terhadap Anies mencapai 22 persen. Ini terjadi karena pendukung Ganjar secara ideologis lebih mudah bermigrasi ke Prabowo (sama-sama nasionalis), daripada ke Anies yang sejak awal kurang mendapatkan dukungan dari kalangan non-muslim," tutupnya.

Diketahui, Survei PWS dilaksanakan pada tanggal 13-20 Agustus 2023 di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Populasi dari survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang sudah mempunyai hak pilih. Jumlah sampel sebesar 1200 responden, diperoleh melalui teknik pencuplikan secara acak sistematis.

Baca juga : PDIP: Nama Erick Thohir Masih Masuk Daftar Cawapres Ganjar

Margin of error +/- 2,83 persen, dan pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95 persen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara melalui telepon (tele-polling) dengan pedoman kuesioner.

Responden terdistribusi 50 persen laki-laki dan 50 persen perempuan, serta 60 persen penduduk pedesaan dan 40 persen penduduk perkotaan. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.