Dark/Light Mode

Capaian PIP dan KIP-K Diapreasiasi DPR Sebagai Program Berdampak

Kamis, 31 Agustus 2023 16:36 WIB
Menteri Pendidikan, Kebudayan, Riset, dan Teknologi Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim tengah dalam Rapat Kerja bersama Anggota Komisi X DPR di Gedung Nusantara, Komisi X DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (30/8/2023).
Menteri Pendidikan, Kebudayan, Riset, dan Teknologi Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim tengah dalam Rapat Kerja bersama Anggota Komisi X DPR di Gedung Nusantara, Komisi X DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (30/8/2023).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), hadir dalam Rapat Kerja bersama Anggota Komisi X DPR di Gedung Nusantara, Komisi X DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (30/8/2023).

Pada kesempatan ini, Menteri Pendidikan, Kebudayan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim menyampaikan capaian program prioritas Kemendikbudristek tahun anggaran 2022.

Di antaranya adalah Program Indonesia Pintar (PIP) dan Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) yang mendapat apresiasi.

“Hal ini menunjukan kontribusi Kemendikbudristek seperti PIP dan KIPK memberikan manfaat positif pada anak-anak dari keluarga tidak mampu untuk mendapatkan pendidikan,” ucap Nadiem di Ruang Sidang Komisi X DPR RI, di Jakarta, seperti keterangan yang diterima RM.id, Kamis (31/8/2023).

Baca juga : Berdayakan Lansia Di Pancoran, Sandiaga Gulirkan Program Juragan Lele Dan Lalap

Kemendikbudristek telah mendukung program Prioritas Nasional berupa peningkatan akses layanan pendidikan yang mencakup rata-rata lama sekolah, harapan lama sekolah, tingkat penyelesaian pendidikan SD/sederajat dan SMP/sederajat, serta APK SMA/sederajat.

Dan peningkatan partisipasi pendidikan pada kelompok pendapatan terendah, khususnya untuk SMA/sederajat dan perguruan tinggi.

Tercatat, 17.953.268 siswa mendapat bantuan PIP pada tahun 2022 dan 780.014 mahasiswa mendapat bantuan KIP Kuliah pada tahun 2022.

Lalu, 8.245 mahasiswa mendapat bantuan program Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADIK) pada tahun 2022.

Baca juga : Tingkatkan Budi Pekerti dan Nilai Luhur, Sekolah Ini Adakan Program Shining Camp

Terkait dengan pembiayaan pendidikan sebanyak 10.648 siswa menerima bantuan program Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) dari tahun 2020 hingga 2022.

Khusus pada capaian PIP dan KIP-K mendapat komentar positif dari sebagian besar anggota Komisi X DPR RI.

“Terkait dengan program yang sangat konkret di lapangan, terutama PIP dan KIP-K menurut saya ini sangat terasa sekali di masing-masing daerah. Salah satu inisiatif yang bagus adalah dengan mengirimkan sms blast ke penerima PIP yang belum melakukan aktivasi. Capaian program Kemendikbudristek cukup memuaskan dan saya harap program yang langsung bermanfaat untuk masyarakat dapat terus berjalan,” ujar Putra Nababan.

Muhammad Khadafi turut menyampaikan apresiasi atas capaian kinerja yang cukup baik menyangkut program unggulan Kemendikbudristek yang mendapat respons positif dari masyarakat.

Baca juga : Ratusan Petani Jebed Diedukasi Tak Lagi Bakar Jerami Sisa Panen

“Saya harap kualitas dan kuantitas keterserapan manfaatnya dapat ditingkatkan. Terutama untuk PIP dan KIP-K yang memiliki manfaat luar biasa dan terasa di masyarakat agar dapat secara konsisten dan kontinu dijalankan,” ucap Khadafi.

“Terima kasih atas program yang telah dikerjakan dengan baik seperti PIP dan KIP-K karena telah menyentuh masyarakat langsung. Semoga kuotanya bisa terus ditambah,” tutur Ratih Megasari Singkarru menambahkan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.