Dark/Light Mode

Akselerasi Program Prioritas

Alokasi Anggaran Kemendikbudristek Tahun 2024 Naik Menjadi Rp 97,7 Triliun

Jumat, 1 September 2023 17:03 WIB
Akselerasi Program Prioritas Alokasi Anggaran Kemendikbudristek Tahun 2024 Naik Menjadi Rp 97,7 Triliun

 Sebelumnya 
Selanjutnya, melalui penguatan pendidikan karakter untuk inklusivitas, kebhinekaan, dan menuju Profil Pelajar Pancasila; pengembangan talenta peserta didik di bidang seni dan budaya, dan olahraga; serta penguatan platform digital untuk membantu akselerasi penyediaan layanan pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi yang lebih berkualitas.

Kemudian arah kebijakan kemendikbudristek ketiga adalah peningkatan pendidikan tinggi, riset, dan teknologi dengan pagu anggaran sebesar Rp 38,57 triliun.

Program yang ada pada arah kebijakan ini adalah program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Matching Fund dan Competitive Fund, pengembangan mutu kelembagaan perguruan tinggi, hilirisasi hasil penelitian, penyediaan bantuan operasional bagi perguruan tinggi negeri serta penyediaan berbagai tunjangan bagi dosen, pemberian Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, penyediaan beasiswa bagi dosen dan tenaga pendidik, dan fasilitasi beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADIK), peningkatan sarana prasarana perguruan tinggi, penjaminan mutu layanan perguruan tinggi, serta upaya pencegahan dan penanganan kekerasan di perguruan tinggi.

Baca juga : RUPSLB Waskita Beton Precast Setujui Peningkatan Modal Menjadi Rp 4,3 Triliun

Arah kebijakan keempat yakni peningkatan kualitas pendidikan vokasi dengan pagu anggaran sebesar Rp 6,01 triliun.

Strategi pada arah kebijakan ini yaitu melalui penguatan SMK Pusat Keunggulan, peningkatan kerja sama dengan dunia usaha dan dunia industri, upskilling dan reskilling pendidik dan tenaga kependidikan vokasi, pelaksanaan sertifikasi kompetensi bagi siswa SMK dan mahasiswa perguruan tinggi vokasi (PTV), penyediaan matching fund dan competitive fund vokasi, pengembangan center of excellent PTV, pendidikan kewirausahaan dan kecakapan kerja, serta penyediaan bantuan operasional pembelajaran dan sarana prasarana PTV.

Selanjutnya, arah kebijakan Kemendikbudristek adalah pemajuan dan pelestarian bahasa dan kebudayaan dengan pagu anggaran sebesar Rp 3,06 triliun.

Baca juga : Kemnaker Gelar Program Perluasan Kesempatan Kerja Di Papua

Programnya antara lain peningkatan literasi, fasilitasi komunitas dan fasilitasi program bahasa Indonesia untuk penutur asing, revitalisasi bahasa daerah, revitalisasi museum dan cagar budaya, perlindungan dan pengembangan cagar budaya dan objek pemajuan kebudayaan, pelaksanaan acara kebudayaan dalam usaha melestarikan nilai kebudayaan, serta fasilitasi pelaku seni dan budaya.

Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek Suharti, mengatakan, dalam melaksanakan rencana kerja tahun 2024, Kemendikbudristek mengacu kepada rencana kerja pemerintah secara keseluruhan.

“Sasaran pembangunan yang ditetapkan di Kemendikbudristek tahun 2024 juga membantu negara mencapai target-target yang sudah ditetapkan baik secara langsung maupun tidak langsung seperti dalam pertumbuhan ekonomi, mengurangi angka kemiskinan, dan mengurangi pengangguran,” tutur Suharti.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.