Dark/Light Mode

Jadi Provinsi Tersukses Kendalikan Inflasi, Ganjar Terima Kasih Ke Petani

Senin, 4 September 2023 16:54 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: jatengprov.go.id)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: jatengprov.go.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meminta upaya pengendalian inflasi terus digas, meskipun provinsi yang dipimpinnya telah berhasil masuk dalam 3 provinsi yang cukup baik mengendalikan inflasi.

Hal itu disampaikan Ganjar dalam rapat Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) secara daring, yang dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dari Gedung A Kantor Pemprov Jawa Tengah Senin (4/9).

"Inflasi Jawa Tengah tidak terlalu buruk, meskipun tentu saja effort-nya mesti kita tingkatkan,” ucap Ganjar," ujar Ganjar dengan penuh semangat.

Baca juga : Mak Ganjar Sumbar Ajak Kaum Ibu Berkarya Lewat Pelatihan MerajutĀ 

Menurutnya, pencapaian ini adalah hasil kerja keras para kepala daerah di lapangan. Langkah-langkah untuk mengawasi langsung pasar-pasar telah terbukti efektif dalam mengendalikan inflasi.

“Saya menyampaikan terima kasih, kerja keras kawan-kawan, kepala daerah kontribusinya cukup bagus. Tapi kita langsung sampaikan ini pertumbuhan bagus, terus digas,” tuturnya.

Selain kepala daerah, peran masyarakat terutama petani selama ini, nilai Ganjar juga telah berkonstribusi cukup besar dalam pengendalian inflasi.

Baca juga : Besok Purna Tugas, Ganjar Masih Ngegas?

“Petani dengan segala kelebihan dan kekurangan, maksudnya kelebihan mereka dan kekurangan bantuan dari kami, mereka tetap bisa survive luar biasa,” ingatnya.

Meskipun inflasi tetap rendah, Ganjar tetap mengharapkan agar laju inflasi dapat terkendalikan di masa depan. 

Ini disebabkan oleh ancaman El Nino yang diperkirakan mencapai puncaknya pada bulan September ini dan berpotensi memengaruhi hasil panen.

Baca juga : Inflasi Kita Paling Rendah Di Dunia

“Maka di beberapa titik sudah saya arahkan, agar potensi-potensi di tempat yang bagus itu betul-betul didampingi, agar di sisi hulunya bagus, wabil khusus yang punya irigasi teknis ya,” tandas Ganjar.

Sebagai informasi tambahan, data dari Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat bahwa pada bulan Agustus 2023, inflasi di Provinsi Jawa Tengah hanya sebesar 0,03 persen. Ini merupakan penurunan signifikan dari bulan Juli 2023 yang mencapai 0,20 persen.

Selain itu, tingkat inflasi tahun kalender (Year to Date) pada Agustus 2023 sebesar 1,57 persen. Sedangkan tingkat inflasi tahun ke tahun (Year on Year) pada Agustus 2023, dibandingkan dengan Agustus 2022, sebesar 3,29 persen.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.