Dark/Light Mode

Besok Purna Tugas, Ganjar Masih Ngegas?

Senin, 4 September 2023 07:40 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meletakkan tongkat bendera Merah Putih di monumen saat mengikuti Deklarasi Pemilu Damai 2024 di Lapangan Pancasila, Semarang, Jawa Tengah, Minggu (3/9/2023). (Foto: Antara)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meletakkan tongkat bendera Merah Putih di monumen saat mengikuti Deklarasi Pemilu Damai 2024 di Lapangan Pancasila, Semarang, Jawa Tengah, Minggu (3/9/2023). (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mulai besok (5/9), Ganjar Pranowo resmi pensiun sebagai Gubernur Jawa Tengah. Dengan tak lagi punya panggung sebagai pejabat publik, apakah pamor Ganjar bakal meredup atau malah makin ngegas? Kita lihat saja...

Dari tiga bakal Capres, hanya Prabowo Subianto berlatar belakang menteri dan ketua umum partai. Sementara Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo diketahui berangkat sebagai gubernur.

Baca juga : Jelang Purna Tugas Ganjar Pranowo, Sahabat Ganjar Gelar Festival Musik Di Bekasi

Beda dengan Ganjar, Anies lebih dulu pensiun sebagai Gubernur DKI Jakarta, sejak tahun lalu. Sedangkan Ganjar baru pensiun sebagai gubernur 2 periode, Selasa (5/9).   

Namun, usai pensiun sebagai gubernur, elektabilitas Anies justru stagnan, bahkan cenderung merosot. Dalam berbagai survei, Anies selalu tertinggal dari Ganjar dan Prabowo dengan selisih cukup besar.

Baca juga : Kebakaran Gunung Sumbing, Ganjar Minta Bantuan BNPB

Apakah nasib Anies juga akan dialami Ganjar usai purna tugas dari gubernur? Politisi PDIP, Hendrawan Supratikno optimis, Ganjar akan tetap ngegas meskipun sudah purna tugas. Alasannya, Ganjar akan lebih leluasa untuk bergerak ketika statusnya bukan lagi gubernur aktif.

“Dengan sudah tidak lagi menjabat sebagai gubernur, waktunya akan lebih bebas. Jadwalnya bisa tiga kali lebih intensif melakukan silaturahim dan sosialisasi gagasan masa depan. Tim-tim di belakang Ganjar bisa buat kreasi aneka kegiatan yang lebih menarik,” beber Hendrawan.

Baca juga : Besok, Partai Gelora Gelar Deklarasi Dukungan Ke Prabowo

Anggota Komisi XI DPR itu juga meyakini, tanpa jabatan gubernur yang tak lagi melekat, Ganjar tetap bisa mengambil hati masyarakat. Terlebih, Ganjar memiliki instrumen lengkap untuk dicintai masyarakat.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.