Dark/Light Mode

Menkominfo Resmikan ASEAN Newsroom Corner, Tampung 2.000 Jurnalis

Senin, 4 September 2023 21:01 WIB
Menteri Komunikasi dan Informasi Budi Arie Setiadi. (Foto: Tangkap layar video YouTube/Kemkominfo)
Menteri Komunikasi dan Informasi Budi Arie Setiadi. (Foto: Tangkap layar video YouTube/Kemkominfo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi meresmikan ASEAN Newsroom Corner dalam rangka menyambut Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43. 

Newsroom yang menampung hingga 2.000 jurnalis ini diharapkan dapat mendistribuskan informasi tentang berbagai capaian kemajuan pembangunan di Indonesia saat ini, sehingga menjadi daya tarik negara luar untuk berinvestasi di Tanah Air.

"Momentum ini juga menjadi kesempatan untuk mempromosikan peran penting Indonesia dalam diplomasi regional dan global," kata Budi Arie, pada Senin (4/9).

Baca juga : Jokowi Resmikan Venue FIBA World Cup Indonesia Arena, Bisa Buat Konser Juga

Sebagai tuan rumah, Indonesia sebutnya, memiliki tanggung jawab besar untuk memastikan KTT berjalan lancar dan produktif. 

Hal ini mencakup tidak hanya pelaksanaan pertemuan, tetapi juga kenyamanan dan keamanan delegasi yang berkunjung. 

"Tidak kalah pentingnya, kita perlu memastikan bahwa gaung dari KTT ASEAN dan hasil yang disepakati dapat diketahui dan dipahami," imbuhnya.

Baca juga : Xiaomi Resmi Hadirkan Redmi Note 12 Pro Dengan Harga 3 Jutaan

Menkominfo menegaskan, peran media cukup sentral dalam menggaungkan KTT ASEAN. Oleh karena itu, informasi yang akurat, seimbang, dan tepat waktu, menurutnya adalah kunci.

Untuk mendukung hal ini, Kementerian Kominfo telah menyediakan fasilitas yang mendukung akses informasi dan liputan yang memadai. media center ini akan beroperasi mulai 2 hingga 8 September mendatang.

"Saya mengapresiasi Perum LKBN Antara yang telah menginisiasi pembentukan ASEAN Newsroom Corner sebagai sarana untuk memperkuat kerja sama antar Kantor Berita negara ASEAN," tandas Ketum Projo ini.

Baca juga : Kemenkominfo: Optimalkan Promosi BBWI Dan Pariwisata Lampung Lewat Medsos

Dengan peresmian ASEAN Newsroom Corner ini, Budi Arie berharap tema KTT ASEAN ke-43 yaitu "ASEAN matters: Epicentrum of Growth" dapat tersebar ke seluruh dunia. Hal ini diyakini akan memperkuat eksistensi Indonesia dalam perdamaian dan kesejahteraan global.

"Akhir kata, dengan ini dengan bangga, saya menyatakan, ASEAN Newsroom Corner resmi dibuka," ucap Budi Arie.

Hadir dalam peresmian itu, Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria, Direktur Utama Perum LKBN Antara Akhmad Munir serta Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.