Dark/Light Mode

Super Garuda Shield Tingkatkan Kemampuan Bahasa Asing Prajurit TNI

Jumat, 8 September 2023 11:14 WIB
Prajurit TNI dan pasukan militer asing melakukan latihan bersama dalam kegiatan Super Garuda Shield SGS 2023 di Jawa Timur. (Foto: Istimewa)
Prajurit TNI dan pasukan militer asing melakukan latihan bersama dalam kegiatan Super Garuda Shield SGS 2023 di Jawa Timur. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Danyonif Para Raider 501/Bajra Yudha, Letkol Inf Arief Widyanto berharap, prajurit TNI yang terlibat pada kegiatan Super Garuda Shield (SGS) 2023 tahapan Field Training Exercise harus memiliki kemampuan fisik yang prima. Tujuannya agar latihan bersama ini berjalan sukses.

"Secara otomatis prajurit TNI yang mengikuti kegiatan ini, kita siapkan secara fisik sebagaimana kita lihat medannya di Puslatpur panas terik," kata Letkol Arief Widyanto dalam keterangannya, Jumat (8/9).

Selama kegiatan berlangsung, lanjut Arief, pihaknya juga meminta prajurit membawa ransum tempur dan bekal pokok.

Baca juga : Orang Muda Ganjar Tingkatkan Dukungan Pelajar Di Jambi Lewat Turnamen Futsal

"Baik itu amunisi maupun logistik selama empat hari. Sehingga tentunya sebelum pelaksanaan telah kita latih jalan dengan menggunakan beban," sebutnya.

Bukan cuma itu, kata Arief, pihaknya juga menggembleng prajurit yang mengikuti SGS 2023 dengan memberikan pelatihan peningkatan bahasa asing, khususnya Inggris.

Menurutnya, mereka harus berkomunikasi dengan rekan latihan yakni dari pasukan militer Amerika Serikat dan Australia yang menggunakan bahasa Inggris.

Baca juga : Harpelnas, BSI Tingkatkan Layanan Ke Masyarakat

"Sehingga mau tidak mau, suka tidak suka, para prajurit harus menguasainya. Supaya mereka dapat saling berkomunikasi dengan baik antar-prajurit," terang Arief.

Diketahui, Super Garuda Shield Tahun 2023 melibatkan 2.810 prajurit TNI dari tiga matra, Angkatan Darat, Laut dan Udara, serta 2.165 tentara asing dari 17 negara.

Semula latihan militer gabungan bersama ini bernama 'Garuda Shield' dan hanya melibatkan Angkatan Darat Amerika Serikat dan TNI Angkatan Darat.

Baca juga : Militer AS Dan Indonesia Terjunkan 4.000 Prajurit

Namun, sejak tahun 2022 menjadi Super Garuda Shield dan melibatkan unsur tentara dari tiga matra, yaitu Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.