Dark/Light Mode

Dubes Amerika Serikat Untuk Indonesia Sung Yong Kim

Sambut 11 Pengajar Bahasa Inggris Program Fulbright

Selasa, 22 Agustus 2023 23:20 WIB
Dubes Sung Yong Kim depan tengah menyambut parabpengajar Bahasa Inggris program Fulbright English Teaching Assistants, di kediamannya di Jakarta. (Foto Kedubes AS)
Dubes Sung Yong Kim depan tengah menyambut parabpengajar Bahasa Inggris program Fulbright English Teaching Assistants, di kediamannya di Jakarta. (Foto Kedubes AS)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebelas pengajar Bahasa Inggris asal Amerika Serikat (AS) yang tergabung dalam program Fulbright English Teaching Assistants (ETA) tiba di Indonesia, Minggu (20/8). Program ETA dimulai kembali, setelah vakum selama tiga tahun karena larangan perjalanan akibat pandemi Covid-19.

Para guru Bahasa Inggris dari AS tersebut akan membantu pengajaran di sekolah menengah atas dan sekolah kejuruan di tujuh provinsi, meliputi Sumatera Utara, Jambi, Riau, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, DI Yogyakarta, dan Jawa Tengah.

Baca juga : Sambut Rencana Kunjungan Partai Komeito Ke Indonesia

Kegiatan akan berlangsung pada Agustus 2023 hingga April 2024. Dalam acara penyambutan para guru, Senin (21/8), di kediamannya di kawasan Menteng, Jakarta, Duta Besar (Dubes) AS untuk Indonesia Sung Yong Kim membahas bagaimana pekerjaan mereka dapat mendukung upaya memperkuat kemitraan strategis AS-Indonesia.

Program peningkatan kapasitas dari AS ini sekaligus mempromosikan pertukaran lintas budaya dan berbagi wawasan tentang masyarakat dan budaya AS. Sebelum bertugas dan ditempatkan di sekolah-sekolah, para pengajar ETA akan mengikuti program orientasi selama tiga pekan di Jakarta dan Yogyakarta yang diselenggarakan AMINEF.

Baca juga : Nabi Sebagai Pengamat Sekaligus Politikus

“Kami sangat gembira dengan kembalinya program penting ini, dan saya senang merayakan ketangguhan dan kebulatan tekad yang telah menyatukan kita kembali,” kata Dubes Kim.

Menurutnya, sejak 1952, program Fulbright di Indonesia telah menunjukkan komitmen berkelanjutan untuk mendorong rasa saling pengertian dan kerja sama internasional di sektor pendidikan, pertukaran akademik dan lintas budaya. Itu tentu sangat penting dalam membangun dunia yang lebih baik dan saling terhubung.

Baca juga : Menpora: Indonesia Siap Kerja Sama Dengan 57 Negara Islam OIC

Sejak 2004, AMINEF sebagai Komisi Fulbright di Indonesia telah menempatkan Fulbright ETA di kelas-kelas setingkat SMA di berbagai berbagai wilayah di Tanah Air.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.