Dark/Light Mode

Super Garuda Shield, UMKM Di Sekitar Puslatpur Marinir Baluran Laris Manis

Senin, 11 September 2023 07:20 WIB
Panglima TNI Laksamana Yudo Margono memberikan paket sembako kepada warga sekitaran Pusat Latihan Tempur Puslatpur Marinir Baluran yang terdampak kegiatan Super Garuda Shield SGS Tahun 2023. (Foto: Khoirul Umam/Rakyat Merdeka)
Panglima TNI Laksamana Yudo Margono memberikan paket sembako kepada warga sekitaran Pusat Latihan Tempur Puslatpur Marinir Baluran yang terdampak kegiatan Super Garuda Shield SGS Tahun 2023. (Foto: Khoirul Umam/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menghadiri kegiatan bakti sosial di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Marinir Baluran di Kecamatan Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur, Minggu (10/9).

Baksos ini merupakan rangkaian dari kegiatan latihan gabungan bersama (latgabma) Super Garuda Shield (SGS) Tahun 2023.

Pantauan di lokasi, Yudo tiba di Puslatpur Marinir Baluran pukul 10.50 WIB.

Didampingi kepala staf tiga matra beserta sejumlah perwira tinggi dari pasukan militer negara sahabat yang terlibat di SGS 2023.

Baca juga : Super Garuda Shield Tingkatkan Kemampuan Bahasa Asing Prajurit TNI

Setibanya di lokasi, Yudo dan rombongan langsung menghampiri warga yang kedapatan menerima paket sembako secara simbolis.

Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) ini mengaku, kegiatan baksos ini merupakan komitmen pihaknya terhadap warga yang terdampak latgabma SGS 2023.

"Di sekitaran wilayah sini kan dipakai untuk latihan sehingga ada dampaknya kepada masyarakat," kata Yudo di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Marinir Baluran di Kecamatan Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur, Minggu (10/9).

Yudo mengatakan, kegiatan SGS 2023 juga berdampak positif bagi ekonomi warga. Khususnya pelaku UMKM. Warga sekitar dipersilakan untuk menjajaki dagangannya di lingkungan kompleks puslatpur.

Baca juga : BPK Penabur Gelar Festival Catur, Percasi: Ini Gebrakan Luar Biasa

"Dari awal pelaksanaan SGS, para prajurit ini diminta untuk menggeliatkan UMKM warga. Mereka kan pastinya belanja, dan belanjanya kepada warga. Semoga dapat meningkatkan UMKM warga sekitar," ungkap Yudo.

Adapun kegiatan baksos yang digalakkan TNI selain memberikan paket sembako, juga dilaksanakan pengobatan gratis, sunatan massal hingga perbaikan gedung Sekolah Dasar Negeri 02 Sumber Rejo.

"Saya sempat meninjau SDN 02 Sumber Rejo. Seluruh fasilitas sekolah kami renovasi. Mudah-mudahan dengan fasilitas yang bagus, kita bisa membantu melaksanakan proses belajar dan mengajar dengan baik dan juga meningkat profesionalismenya," beber jenderal bintang empat itu.

Diketahui, latihan gabungan bersama (latgabma) Super Garuda Shield Tahun 2023 digelar hingga 13 September mendatang.

Baca juga : Cuaca Besok Di Jakarta Lebih Panas Dari Kemarin, Cek Prakiraan Lengkap BMKG

Sebanyak 2.810 prajurit dari tiga matra TNI dan 2.165 personel Angkatan Darat dari negara sahabat kawasan Indo-Pasifik terlibat dalam latihan ini.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.