Dark/Light Mode

Mathlaul Anwar Puji Kolaborasi BNPT-Ulama Jegal Paham Terorisme

Selasa, 12 September 2023 21:42 WIB
Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Mathlaul Anwar, KH. Oke Setiadi. Foto: Istimewa
Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Mathlaul Anwar, KH. Oke Setiadi. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Mathlaul Anwar, KH. Oke Setiadi mengapresiasi kebijakan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggandeng ulama untuk berkolaborasi membimbing masyarakat dari bahaya penyebaran radikalisme dan terorisme.

"Dengan kebijakan para pimpinan di BNPT untuk menggandeng para ulama dan kiyai kami menganggapnya adalah sebuah kebijakan yang sangat tepat, karena sebenarnya tugas ulama dan tugas BNPT adalah sama-sama membimbing masyarakat dan menjaga keutuhan bangsa dan negara," ujarnya melalui pesannya, Selasa (12/9).

"Tugas yang sama dengan berkolaborasi akan lebih ringan dan kemudian akan mengimplementasi program untuk mencapai hasil yang maksimal," lanjutnya.

Baca juga : KPK Dalami Aliran Duit Korupsi Bansos Beras Ke Kantong Para Tersangka

Pria yang juga dosen Ekonomi Islam di Universitas Mathla'ul Anwar itu menjelaskan, meskipun perbedaan misi dan prinsip antara BNPT dan para ulama dalam bekerja.

Namun apabila satu sama lain dapat saling memahami akan menghasilkan suatu kolaborasi yang luar biasa.

"Jadi saling kerja sama dalam situasi yang saling memahami dan penuh keterbukaan diharapkan terjadi implementasi pekerjaan secara nyata dan konkrit bukan hanya situasi yang sifatnya seremonial," tuturnya.

Baca juga : Kata Jokowi, Akbar Buchari Bakal Jadi Menteri

Menurutnya, radikalisme apalagi sudah berbentuk terorisme adalah suatu hal yang sangat diingkari oleh agama manapun termasuk oleh Islam dan kaum muslimin.

Untuk itu, harapannya dengan kerja sama ini, radikalisme apalagi mengarah sampai terorisme benar-benar dapat dieliminasi seminimal mungkin karena dengan adanya radikalisme menghambat kemajuan dan persatuan. Dan itu sangat dapat dibuktikan dengan berbagai penelitian.

"Harapannya tentunya kerja sama ini konkrit menurunkan unsur-unsur radikalisme di masyarakat kita dan menghilangkan sama sekali unsur terorisme di masyarakat kita sehingga masyarakat kita bersih dari unsur radikalisme dan terorisme dengan sesungguhnya," harapnya.

Baca juga : Relawan Ganjar Untuk Semua Kolaborasi Dengan GMTI Beri Layanan Kesehatan Gratis

Kemudian ia juga mewanti-wanti agar program yang dijalankan dapat terealisasi dengan baik. Jangan sampai menghilangkan unsur radikalisme di masyarakat. Namun di satu sisi malah menghidupkan budaya kekerasan bahkan potensi radikalisme yang ada.

"Kita berharap gandengan tangan ini benar-benar membuat hilang unsur radikalisme di masyarakat dan bisa benar-benar zero unsur yang menghasilkan terorisme di masyarakat kita. Masyarakat aman dan damai, kita bisa melaju kencang dengan keutuhan bangsa yang terjaga," tutupnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.