Dark/Light Mode

Survei Voxpopuli: Head-to-Head, Prabowo Telak Kalahkan Ganjar

Kamis, 14 September 2023 17:00 WIB
Simulasi 2 Nama Capres. (Foto: Ist)
Simulasi 2 Nama Capres. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Usai deklarasi Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar sebagai pasangan capres-cawapres dari Koalisi Perubahan, peta politik menuju Pilpres makin tergambar jelas. Setidaknya bakal ada tiga pasang kandidat yang bertarung, yang lainnya di kubu Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

Temuan survei Voxpopuli Research Center menunjukkan Prabowo unggul dalam simulasi tiga nama capres dengan elektabilitas 36,2 persen, disusul Ganjar sebesar 31,1 persen dan Anies 20,6 persen, sedangkan sisanya sebanyak 11,6 persen menyatakan tidak tahu/tidak jawab.

Baca juga : Soal Video Azan, Gus Falah Belain Ganjar

Ketika dikerucutkan dua nama dengan elektabilitas tertinggi, Prabowo unggul telak terhadap Ganjar. Prabowo meraup lebih dari separuh dukungan publik dengan elektabilitas mencapai 52,3 persen, sedangkan Ganjar hanya 31,8 persen, dan sisanya 15,9 persen tidak tahu/tidak jawab.

“Dalam simulasi dua nama capres head-to-head, Prabowo unggul telak mengalahkan Ganjar,” ungkap peneliti senior Voxpopuli Research Center Prijo Wasono dalam keterangan tertulis kepada pers di Jakarta, pada Kamis (14/9).

Baca juga : Prabowo Ke Padang, Anies Ke Madura, Ganjar Ngopi

Menurut Prijo, unggulnya Prabowo tercermin dari besarnya potensi migrasi para pemilih nama-nama capres lain di luar posisi tiga besar. Prabowo berhasil meraup tambahan hingga 10,6 persen dari pencapaian elektabilitas pada simulasi banyak nama.

Dua figur pesaingnya merebut lebih sedikit tambahan elektabilitas. Ganjar mendapatkan tambahan 6,8 persen, sedangkan Anies 4,5 persen. “Prabowo masih menjadi pilihan alternatif jika hanya tersedia tiga kandidat yang berlaga,” tegas Prijo.

Baca juga : Survei LSN: Prabowo Menang Head To Head Atas Ganjar

Pada skenario head-to-head, Prabowo kembali menambah elektabilitasnya hingga 15,5 persen, sedangkan Ganjar hanya kurang dari 1 persen saja. “Basis pendukung Anies diperkirakan migrasi ke kubu Prabowo alih-alih Ganjar, jika hanya ada dua nama capres,” tandas Prijo.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.