Dark/Light Mode

Survei LSN: Prabowo Menang Head To Head Atas Ganjar

Jumat, 1 September 2023 19:30 WIB
Capres Partai Gerindra Prabowo Subianto
Capres Partai Gerindra Prabowo Subianto

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga Survei Nasional (LSN) mengungkap data hasil survei apabila Pilpres berlangsung hanya diikuti oleh dua kandidat yakni Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

Hasilnya, sebanyak 53,2 persen responden menjatuhkan pilihannya pada sosok Menteri Pertahanan tersebut.

Baca juga : Soal Cawapres, Prabowo: Jangan Tanya, Saya Aja Belum Tahu

"Sebanyak 53,2 persen responden menjatuhkan pilihannya kepada Prabowo. Sementara hanya 39,1 persen responden yang menyatakan memilih Ganjar," kata Direktur Eksekutif LSN Gema Nusantara Bakry, saat merilis hasil survei secara daring, Jumat (1/9).

Gema menjelaskan, hasil ini adalah jawaban responden atas pertanyaan Seandainya Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo lolos ke putaran kedua dan Pilpres putaran kedua tersebut dilaksanakan saat ini, siapakah yang akan anda pilih?

Baca juga : Survei LSI: Ganjar Menang Simulasi 3 Nama, Tapi Jangan Terlena

Adapun, selisih elektabilitas yang sangat lebar antara Prabowo dan Ganjar dapat dimaklumi mengingat suara pendukung Anies Baswedan cenderung mengarah kepada Prabowo ketimbang Ganjar.

"Dengan demikian, bisa dikatakan jika Anies tereliminasi di putaran pertama, hampir pasti mayoritas pendukungnya akan memberikan suara untuk Prabowo di putaran kedua," jelas Gema.

Baca juga : Survei LSI: Ganjar Teratas, Prabowo Membuntuti, Anies Anjlok

Diketahui, survei LSN ini dilakukan medio 14-24 Agustus 2023 di 38 Provinsi yang ada di seluruh Indonesia.

Jumlah sampel sebesar 1420 responden diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak bertingkat dengan teknik wawancara melalui telepon. Adapun, Margin of Error kurang lebih 2,6 persen dan pada tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.