Dark/Light Mode

Gelisah Karena Terpecah, Projo Merapat Dukung Ganjar

Jumat, 15 September 2023 22:26 WIB
Projo Ganjar deklarasi dukungan di Sekretariat Koordinasi Relawan Pemenangan Ganjar Pranowo di Menteng, Jumat (15/9). Foto: Istimewa
Projo Ganjar deklarasi dukungan di Sekretariat Koordinasi Relawan Pemenangan Ganjar Pranowo di Menteng, Jumat (15/9). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo resmi mendapatkan dukungan dari relawan Presiden Jokowi di Pilpres 2014 dan 2019, Pro Jokowi (Projo). Kepastian itu menyusul kehadiran Projo Ganjar di Sekretariat Koordinasi Relawan Pemenangan Ganjar Pranowo di Menteng, Jumat (15/9).

Sekretaris Dewan Penasihat Projo Ganjar, Sunggul Sirait mengatakan, Projo Ganjar baru terbentuk. Bermula dari kegelisahan terkait adanya sejumlah relawan Projo yang berbeda tujuan untuk tidak mendukung Ganjar sebagai presiden.

"Kami melihat ada fenomena, ada segelintir teman-teman di relawan lain yang mendukung Pak Jokowi, yang mencoba-coba untuk kegenitan memilih atau mendukung Capres di luar Ganjar Pranowo, dan itu tidak sesuai dengan aspirasi Projo di daerah," kata Sunggul.

Melihat kondisi itu, tambah Sunggul, pihaknya meresmikan dideklarasikan relawan Projo Ganjar untuk menjawab kebimbangan para relawan Projo di daerah.

Baca juga : Survei Voxpopuli: Head-to-Head, Prabowo Telak Kalahkan Ganjar

"Hari ini sudah jelas bahwa terbentuknya Projo Ganjar akan menyatukan kembali temen-teman yang tercecer, kawan-kawan yang terpisah, dan kami menjemput kawan-kawan relawan lain yang tertinggal," jelasnya.

Pada kesempatan yang sama Ketua Umum (Ketum) Projo Ganjar, Haposan Situmorang mengatakan, sebelum disepakati pembentukan relawan tersebut, pihaknya telah melakukan konsolidasi kepada setiap daerah, dan bersepakat untuk membentuk relawan Projo Ganjar yang terdiri dari beberapa daerah.

Adapun daerah-daerah tersebut terdiri dari Provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jawa Barat, Banten, Jambi, dan DKI Jakarta.

"Hari ini kami nyatakan sebagai relawan Ganjar dengan sebutan Projo Ganjar yang terdiri dari beberapa daerah provinsi di Indonesia serta kabupaten Bandung," jelasnya.

Baca juga : Hasto Ke Demokrat: Dukung Ganjar Dulu, Baru SBY Ketemu Mega

Sebagai informasi, dalam waktu dekat relawan Projo Ganjar akan deklarasi secara nasional yang nantinya akan dihadiri oleh seluruh daerah provinsi yang ada di Indonesia serta kota dan kabupaten.

Ketua Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres DPP PDI Perjuangan (TKRPP) yang juga Wakil Ketua MPR RI, Ahmad Basarah mengapresiasi dukungan Projo.

"Kami senang pada akhirnya kelompok relawan Projo realistis, bergabung bersama calon pemimpin Indonesia yang punya visi dan misi kebangsaan yang jelas, yang bakal melanjutkan semua legasi presiden sebelumnya, Bapak Presiden Joko Widodo," kata Ahmad Basarah, di hadapan jajaran pengurus harian Projo pimpinan Haposan Simorangkir.

Basarah menyebut, PDI Perjuangan adalah partai terbuka, moderat, dan siap bekerjasama dengan pihak mana pun selama mereka beritikad baik menjaga UUD NRI 1945, Pancasila, dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Baca juga : PPP Harap Demokrat Merapat Dukung Ganjar Pranowo Di Pilpres 2024

"Kami selalu terbuka dan siap bekerja sama dengan siapa pun organ relawan yang datang dengan suka rela untuk mendukung kemenangan Mas Ganjar dalam pilpres 2024. Kemenangan Mas Ganjar adalah kemenangan kebhinekaan Indonesia," ujar Basarah.

Mengenakan kemeja putih tanda keterbukaan hati, Ketua DPP PDI Perjuangan itu berkali-kali mengucapkan terima kasih kepada Projo Ganjar.

"Bagi saya bergabungnya Projo bersama PDI Perjuangan dan partai pendukung Ganjar lainnya ibarat kawan lama yang datang untuk bersama lagi dalam perjuangan Pilpres seperti saat Projo ikut mendukung kader PDI Perjuangan memenangkan Joko Widodo dalam Pilpres 2014 dan 2019 lalu," tegas Basarah.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.