Dark/Light Mode

Kode Rambut Putih Hingga Tempel Stiker Di Rumah Warga

Jokowi Hingga Gibran Dinilai Solid Dukung Ganjar

Minggu, 20 Agustus 2023 10:53 WIB
Ganjar Pranowo (Foto: Ist)
Ganjar Pranowo (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengamat politik Saidiman Ahmad menilai Joko Widodo (Jokowi) semakin memperlihatkan dukungannya kepada Ganjar Pranowo sebagai capres di Pilpres 2024.

Hal itu terlihat dari kode-kode yang disampaikan Jokowi dalam berbagai kesempatan. 

"Memang selama ini Jokowi belum pernah menunjukkan dukungan selain pada Ganjar. Satu-satunya deklarasi calon presiden yang dihadiri Jokowi adalah deklarasi PDI Perjuangan mendukung Ganjar," kata Saidiman dalam keterangan resmi, Minggu (20/8).

Saidiman menuturkan, Jokowi juga belum pernah mengoreksi dukungan kepada Ganjar.

Baca juga : Warga Tergusur JIS Ngotot Tinggal Di Kampung Susun

"Oleh karena itu, kalau ada kode dari Jokowi atau sosialisasi yang dilakukan oleh Gibran yang pasang stiker atau Kaesang pakai kaos bergambar Ganjar ya itu memang sangat wajar karena partai mereka mendukung Ganjar," bebernya.

Jokowi kembali melempar kode ‘rambut putih’ di depan publik. Momen itu terjadi saat Jokowi memberikan tebak-tebakan kepada peserta Muktamar XXIII Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) di Medan, Sumatera Utara pada Sabtu (19/8).

Jokowi menyinggung soal rambut putih yang selama ini identik dengan Ganjar Pranowo.

"Rambut putih namanya uban, rambut merah namanya pirang, kalau rambut hijau namanya apa?" tanya Jokowi kepada para peserta.

Baca juga : Kian Masif, Pemasangan Poster Anies Di Rumah Warga Bisa Jadi Gerakan Sosial

Pada waktu bersamaan, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka yang merupakan anak Jokowi menempelkan stiker Ganjar Pranowo di pintu rumah warga Kelurahan Serengan, Kecamatan Joyosuran, Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu (19/8).

Kegiatan itu dilakukan saat politikus PDIP itu melakukan blusukan ke daerah tersebut.

Gibran menempelkan dua buah stiker di pintu rumah warga. Pada salah satu stiker, terdapat gambar Ganjar dan Presiden Jokowi dengan tulisan "Gerak Cepat Indonesia Maju."

Dalam video yang beredar, Gibran juga mengajak warga untuk mendukung Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024.

Baca juga : 120 Relawan Jokowi Siap Deklarasi Dukung Ganjar

"Eh besok (Pilpres 2024) anu ya, bu, (pilih) Pak Ganjar ya," ujar Gibran dalam video itu.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.