Dark/Light Mode

Ini Ungkapan Duka Cita Bahlil Atas Wafatnya Mantan Kepala BKPM Theo F Toemion

Sabtu, 16 September 2023 10:24 WIB
Kenangan kebersamaan Bahlil Lahadalia (kanan) dan Theo F Toemion saat peringatan HUT ke-50 BKPM, Mei 2023. (Foto: Instagram)
Kenangan kebersamaan Bahlil Lahadalia (kanan) dan Theo F Toemion saat peringatan HUT ke-50 BKPM, Mei 2023. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengungkap duka cita yang mendalam atas berpulangnya Menteri Negara Penanaman Modal/ Investasi merangkap Kepala BKPM periode 2001-2005, Theodorus Francisco Toemion dalam usia 67 pada Jumat (15/9/2023).

Ungkapan duka ini antara lain disampaikan Bahlil, lewat akun Instagram pribadinya.

Baca juga : Jangan Saling Seruduk

"Saat Peringatan Hari Ulang Tahun ke-50 BKPM bulan Mei 2023 lalu, dengan ceria beliau menyempatkan hadir, berdiskusi, dan memberikan nasihat kepada kami untuk keberjalanan Kementerian Investasi/BKPM yang lebih baik," tulis Bahlil, Sabtu (16/9/2023).

Dalam periode kepemimpinan Theo, Pemerintah Indonesia menerbitkan Keputusan Presiden No. 29 Tahun 2004 tentang Penyelenggaraan Penanaman Modal Asing dan Penanaman Modal Dalam Negeri Melalui Sistem Pelayanan Satu Atap (PSA).

Baca juga : SILO Dukung Pemerintah Genjot Kualitas Layanan Kesehatan

Untuk pertama kalinya, BKPM membuka kantor perwakilan di luar negeri, yaitu Kantor Investasi Luar Negeri (KILN) di Amerika Serikat, Jepang, dan Taiwan untuk menarik minat investor asing. Terutama, pengusaha kelas menengah.

"Selamat jalan Pak Theo. Sebagai seorang ekonom, dosen, dan penulis, Pak Theo telah memberikan sumbangsih besar bagi negara ini. Dedikasi dan semangat Bapak akan kami kenang. Kami berdoa semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan kesabaran," tutur Bahlil.

Baca juga : Ini Penjelasan Dirut Garuda, Soal Pesawat Manado-Jakarta Yang Batal Terbang

Theo lahir pada tanggal 21 September 1956. Sebelum menjabat Kepala BKPM periode 2001-2005, Theo tercatat sebagai anggota Komisi XI DPR dari Fraksi PDI Perjuangan (PDIP).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.