Dark/Light Mode

Di Peta Politik Jatim Pasca Deklarasi AMIN, Erick Tetap Cawapres Teratas

Minggu, 17 September 2023 20:07 WIB
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (Foto: Instagram)
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil riset teranyar Politika Research & Consulting bertema Peta Politik Jawa Timur Pasca Deklarasi Pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) yang dirilis hari ini, Minggu (17/9/2023) mengukuhkan nama Erick Thohir di peringkat teratas Cawapres dengan elektabilitas tertinggi dengan angka 16,8 persen.

Dibuntuti Ridwan Kamil (16,4 persen), Muhaimin Iskandar (15,4 persen), Sandiaga Uno (12,6 persen), Gibran Rakabuming Raka (10,8 persen), Agus Harimurti Yudhoyono (10,0 persen), Airlangga Hartarto (1,2 persen).

“Dalam simulasi tujuh nama ini, Erick Thohir dan Ridwan Kamil menarik, karena unggul dalam margin of error dengan Muhaimin Iskandar,” kata Direktur Eksekutif PRC Rio Prayogo, Minggu (17/9/2023).

Baca juga : JPB Jakbar Deklarasikan Yenny Wahid Jadi Cawapres 2024

Dia pun menyoroti elektabilitas Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, yang dipastikan menjadi pendamping Anies Baswedan di Pilpres 2024.

Dalam survei tujuh nama itu, Muhaimin berada di peringkat tiga dengan elektabilitas 15,4 persen.

“Kemunculan Muhaimin di peringkat tiga itu bukan karena variabel elektabilitas personalnya. Tetapi karena PKB-nya, Jawa Timur-nya, dan yang pasti Nahdlatul Ulama-nya. Sebab, di tingkat nasional, elektabilitas Muhaimin hanya berkisar 4-5 persen. Di Jawa Timur pun, Muhaimin bukan termasuk yang paling unggul di antara nama-nama Cawapres lainnya,” papar Rio.

Baca juga : Airlangga Pamer Cara Kita Kurangi Emisi Transportasi

Survei ini dilakukan melalui wawancara face to face pada 7-12 September 2023, dengan melibatkan 1.200 responden berusia 17 tahun atau sudah menikah.

Survei ini menggunakan margin of error sekitar 2,7 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.