Dark/Light Mode

Ganjar: Kita Harus Cepat-Cepat, Kalau Tidak, Kita Ketinggalan

Senin, 18 September 2023 13:14 WIB
Bacapres PDIP Ganjar Pranowo saat menyampaikan kuliah kebangsaan di FISIP UI Depok, Senin (18/9/2023). (Foto: YouTube)
Bacapres PDIP Ganjar Pranowo saat menyampaikan kuliah kebangsaan di FISIP UI Depok, Senin (18/9/2023). (Foto: YouTube)

RM.id  Rakyat Merdeka - Capres PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo menegaskan, kita harus bergerak cepat dalam menjalankan strategi menuju Indonesia Emas 2045. "Harus cepat-cepat. Kalau tidak, kita akan ketinggalan dengan yang lain," kata Ganjar saat menyampaikan kuliah kebangsaan bertema "Hendak ke mana Indonesia Kita? Gagasan, Pengalaman dan Rancangan Para Pemimpin Masa Depan" di FISIP UI Depok, Senin (18/9/2023).

Menurutnya, ada tiga fondasi penting dalam membangun Indonesia Emas 2045. Yakni hilirisasi, transisi energi, dan berantas korupsi.

Baca juga : Ganjar Disarankan Antisipasi Serangan Isu Kemiskinan

Sedangkan untuk membangunnya, perlu tujuh strategi yang meliputi upaya membangun sumber daya manusia produktif, stabilisasi harga bahan pokok, menghapus kemiskinan, memperkuat jaring pengaman sosial, hilirisasi menuju industri kelas dunia, meningkatkan nilai tambah infrastruktur, dan mengembalikan alam Indonesia.

"Yang terpenting dilakukan saat ini, adalah menjadi pemain global dengan melakukan hilirisasi. Tapi, investasi ini akan berjalan lambat kalau masih ada korupsi," ujar Ganjar.

Baca juga : Kowarteg Ganjar Adakan Kegiatan Bugar Ceria Bareng Ibu-Ibu Di Jatinegara

"Karena itu, korupsi harus kita hajar. Kalau kita mau serius, penyakit itu harus kita basmi. Misalnya, dengabln memasukkan pendidikan antikorupsi sejak dini," tandasnya.

Mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode ini yakin, pemberantasan korupsi ini sangat tergantung pada pemimpin. Dia pun mencontohkan pengalamannya, saat memimpin Jawa Tengah.

Baca juga : Kereta Cepat Diuji Coba Hingga 1 Oktober, Kalau Oke, Bisa Langsung Cuss

Saat itu, Ganjar memecat bawahannya yang melakukan korupsi.

"Semua bisa berjalan, kalau pemimpinnya bagus," tandasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.