Dark/Light Mode

Kemenpora-PMI Ajak Anak Muda Atasi Perubahan Iklim

Selasa, 19 September 2023 05:55 WIB
Menpora Dito Ariotedjo dan Ketua PMI Jusuf Kalla. (Foto : ist)
Menpora Dito Ariotedjo dan Ketua PMI Jusuf Kalla. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menpora Dito Ariotedjo mendukung penyelenggaraan kepalangmerahan di bidang pemuda dan olahraga demi kegiataan kemanusiaan.

Hal itu dibuktikan dengan dilakukanya penandatanganan nota kesepahaman antara Kemenpora dengan Palang Merah Indonesia (PMI). 

Tanda tangan dilakukan langsung oleh Menpora Dito dengan Ketua PMI Jusuf Kalla di Acara Penanaman Pohon, Peresmian Tangerang Volunteer Park, dan Monumen Relawan Covid 19 di Tangerang Volunteer Park, Desa Solear, Kabupaten Tanggerang, Banten, Senin (18/9) sore.

Baca juga : Presiden Ajak NU Wujudkan Visi Indonesia Emas 2045

"Menurut saya PMI adalah salah satu pilar penting organisasi kemanusian di Indonesia. Oleh karenanya saya sangat senang bisa berkolaborasi dengan PMI untuk sama-sama melestarikan semangat tolong menolong," kata Menpora Dito.

"Saya berharap kolaborasi ini bisa memperkuat persatuan dan kesatuan dalam membangun dan menjaga keberlangsungan bangsa. Dengan kerjasama ini saya juga berharap kita semua bisa merangkul komunitas, dan skena generasi muda dengan semangat kemanusian," tambahnya.

"Bagi saya PMI adalah sumber daya berharga yang membantu perkembangan potensi anak muda. Dengan kerjasama ini bisa memastikan generasi kita saling bergotong royong dan tolong menolong diantara sesama," ujar Menpora Dito. 

Baca juga : Kemenkes Jelaskan Angka Kasus Dan Pencegahan DBD

Ketua Umum PMI Jusuf Kalla berajarap anak muda berperan mengatasi perubahan iklim.

“Perubahan iklim yang terjadi menyebabkan terjadi kekeringan, untuk itu dibutuhkan upaya lebih lanjut dengan membantu masyarakat untuk distribusi air bersih. Dibutuhkan upaya lebih lanjut termasuk anak muda untuk mengatasi perubahan iklim dengan melakukan gerakan penghijauan,” katanya.

Untuk penanaman pohon, PMI mendapatkan dukungan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) berupa 244 Tanaman Budidaya serta Pelindung, yang akan ditanam di area Tangerang Volunteer Park.

Baca juga : Terinspirasi Ganjar, Sukarelawan Anak Muda Bantu Peningkatan UMKM Di Bukittinggi

Sementara untuk distribusi air bersih secara keseluruhan, tercatat PMI telah mendistribusikan air bersih sebanyak 100 juta liter air di 19 provinsi di Indonesia dengan mengerahkan 218 Mobil Tangki air, dengan target secara keseluruhan mencapai 300 juta liter air.

Di sela acara peringatan ini, PMI Tangerang juga melaksanakan Jumbara (Jumpa Bakti Gembira) ke VII, di Tangerang Volunteer Park, yang diikuti sekitar 1500 Peserta PMR dari Tingkat Mula (SD), Madya (SMP) dan Wira (SMA) dari 29 Kecamatan yang tersebar di wilayah Tangerang

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.