Dark/Light Mode

Berlatar Belakang Militer

Hadi Tjahjanto Bisa Jadi Kuda Hitam Cawapres

Rabu, 20 September 2023 09:46 WIB
Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto. (Foto: Ist)
Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Data Politik Indonesia Catur Nugroho menilai, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto berpeluang menjadi kandidat calon wakil presiden dengan rekam jejak yang ia miliki. Menurutnya, mantan Panglima TNI itu bisa menjadi kuda hitam di dalam bursa cawapres Pilpres 2024.

"Melihat track record beliau yang pernah menjd Panglima TNI hingga menjadi menteri sekarang ini, menurut saya Hadi bisa menjadi kuda hitam dalam kontestasi Bacawapres untuk tiga kandidat capres," kata Catur saat dihubungi, Selasa (19/9).

Baca juga : Pengamat Sebut Hadi Tjahjanto Potensial Jadi Cawapres, Cocok Dengan Ganjar

Menurutnya, Hadi patut dipertimbangkan untuk mendampingi Ganjar Pranowo ataupun Prabowo Subianto. Catur mengatakan, Hadi adalah orang yang cukup dipercaya oleh Presiden Jokowi. 

"Sebagai orang yang cukup dipercaya Jokowi dalam beberapa tahun terakhir, kapabilitas dan kompetensi Hadi Tjahjanto menurut saya patut diperhitungkan oleh Prabowo dan Ganjar untuk mendampingi dalam pertarungan di tahun 2024," tuturnya.

Baca juga : Aksi Relawan Sintawati, Hapus Tato Gratis Di Kota Jakarta

Meski begitu, Hadi memerlukan dukungan dari partai politik untuk menaikkan tingkat keterkenalan maupun elektabilitas. Dia mencontohkan Menteri BUMN Erick Thohir dan Menparekraf Sandiaga Uno yang sudah didukung parpol.

"Menurut saya, Hadi harus mampu mendekati salah satu parpol untuk dapat didukung menjd Bacawapres di salah satu koalisi," imbuh Catur.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.