Dark/Light Mode

Tak Cawe-cawe Politik, ABI Ingin Pemilu 2024 Berkualitas

Selasa, 26 September 2023 19:27 WIB
Ketua Bidang Humas dan Unit Penerangan DPP ABI, Dede Azwar, di Kantor DPP ABI di bilangan Kemang, Jakarta Selatan, Senin (26/9). Foto: Istimewa
Ketua Bidang Humas dan Unit Penerangan DPP ABI, Dede Azwar, di Kantor DPP ABI di bilangan Kemang, Jakarta Selatan, Senin (26/9). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Organisasi Masyarakat (Ormas) Ahlulbait Indonesia (ABI) memastikan diri secara organisasional tidak terlibat politik praktis di Pemilu 2024. Namun, ABI berharap, pesta demokrasi mendatang semakin berkualitas sekalius aman dan damai.

"Kita ingin Pemilu tidak sekadar berbasis kuantitas, tetapi berkualitas," ujar Ketua Bidang Humas dan Unit Penerangan DPP ABI, Dede Azwar, di Kantor DPP ABI di bilangan Kemang, Jakarta Selatan, Senin (26/9).

Dede menceritakan, ABI berdiri untuk menguatkan komunitas Muslim, dan melakukan kegiatan sosial di masyarakat. Dirincikannya, sejumlah kegiatan berbasis sosial terus digencarkan.

Baca juga : Etika Pemerintahan, Geopolitik Menuju Pemilu 2024

Misalnya, membantu ketersediaan air di daerah kekeringan di Jawa Timur, hingga aksi donor darah. Nah, di tahun politik ini, ABI secara organisasi dipastikan tidak terlibat unsur politik. Baik itu Capres-Cawapres, maupun afilisasi partai politik.

Menurutnya, kehadiran ABI bukanlah untuk mendapatkan posisi tawar dalam politik.

"Ada misi iya. Tapi keagamaan. Dalam konteks politik secara kolektif, kita berbicara bagaimana menguatkan komunitas. Intinya, kita tidak terkoneksi dan terkoleksi," ungkapnya.

Baca juga : BMI Gelar Kuliah Politik Pemilu 2024 Bersama Ratusan Relawan Ganjar

ABI mengamini, secara pribadi-pribadi anggota mungkin ada yang ingin berpartisipasi dalam politik praktis.

Namun, ditegaskannya, itu adalah keinignan pribadi. Sejauh ini, diakuinya belum ada aktor ABI yang menjadi politisi, termasuk sebagai Kepala Daerah.

Organisasi Muslim ini berharap, menuju kontestasi Pemilu 2024 berjalan dengan damai. Termasuk, berbagai persoalan bangsa.

Baca juga : Isu Tunda Pemilu, Basi

Misalnya, konflik lahan di Pulau Rempang. ABI, mendukung penuh Pemerintah agar kasus ini diselesaikan dengan baik.

"Posisi kami untuk Rempang, kita mendukung usaha Pemerintah untuk meningkatkan investasi dalam negeri. Dengan tetap menegakkan prinsip kedaulatan bangsa, Pancasila, dan memperhatikan HAM," katanya.

Diketahui, di acara diskusi tersebut, membicarakan tentang semangat kebangsaan, persatuan dan Pemilu damai. Hadir di acara tersebut, Ketua Departemen Kader DPP ABI, Muhammad Jawad. Menurut Jawad, semangat kebangsaan ini senada dengan pengurus di daerah.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.