Dark/Light Mode

Imigrasi Belum Diminta KPK Cekal Syahrul Yasin Limpo

Rabu, 4 Oktober 2023 14:21 WIB
Dirjen Imigrasi Silmy Karim (Foto: Khairizal Anwar/RM)
Dirjen Imigrasi Silmy Karim (Foto: Khairizal Anwar/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Silmy Karim menerangkan, hingga kini pihaknya belum menerima permintaan cekal dari KPK terhadap Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Karenanya, Imigrasi tak melakukan pencekalan terhadap Syahrul.

"Tidak ada permintaan cegah tangkal kepada Pak Mentan," kata Silmy, di Kantor Ditjen Imigrasi, Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, Rabu (4/10).

Baca juga : Syahrul Masih Ghoib

Begitu juga terhadap pihak-pihak yang ikut terseret dalam dugaan kasus korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan), juga belum ada pencekalan.

Silmy melanjutkan, Syahrul meninggalkan Indonesia pada Minggu (24/10) menuju Roma, Italia, bersama 22 delegasi. Mereka menumpangi maskapai penerbangan Qatar Airways. Sampai Rabu (4/10), Syahrul belum kembali ke Tanah Air.

Baca juga : Geledah Rumah Dinas Mentan SYL, KPK Temukan Uang Puluhan Miliar

"Yang bisa saya pastikan, sampai hari ini belum ada di Indonesia," tambah eks Direktur Utama Krakatau Steel ini.

Apa Ditjen Imigrasi telah melacak keberadaan Syahrul? Silmy menerangkan, kewenangan itu ada di KPK.

Baca juga : Syahrul Limpo Dikabarkan Jadi Tersangka

"Kami tidak dalam hal berkoordinasi kapan pulang. Karena yang menyelidiki kasusnya bukan Imigrasi, tapi KPK," terangnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.