Dark/Light Mode

Kondisi Menko Luhut Membaik Sudah Bisa Main IG, Tadi Sore Diputuskan Ke Singapura

Selasa, 10 Oktober 2023 19:12 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Instagram/luhut.pandjaitan)
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Instagram/luhut.pandjaitan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kondisi kesehatan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan saat ini semakin membaik. Mulai sore tadi, ia memutuskan untuk berangkat ke Singapura menjalani proses pemulihan.

Hal itu diutarakan Luhut di akun Instagramnya, @luhut.pandjaitan pada Selasa (10/10) malam WIB. Ia menceritakan bahwa kondisi kesehatannya sempat menurun usai menghadiri suatu kegiatan beberapa hari lalu.

"Tiba-tiba saya merasa kelelahan yang amat luar biasa. Rasa lelah ini tak seperti yang biasa saya rasakan selepas bekerja," ungkap Luhut.

Melihat kondisi Luhut seperti itu, sang istri berinisiatif membawanya ke Rumah Sakit di Jakarta untuk tindakan preventif lebih lanjut.

Baca juga : Update Kondisi Menko Luhut Binsar Pandjaitan, Bahlil: Membaik, Tapi Masih Di RS

Praktis, selama beberapa hari dirawat, Luhut tidak diizinkan oleh tim dokter untuk beraktivitas seperti biasa. Bahkan untuk sekedar mengecek kabar dan berita terkini yang rutin ia lakukan setiap pagi.

"Saya tak diperbolehkan oleh istri. “Istirahat dan dengarkan tubuhmu dahulu, Pa,” kata Luhut, menirukan ucapan istrinya saat itu. 

Sebagai orang yang terbiasa bekerja dan aktif berkegiatan, berada di Rumah Sakit selama beberapa hari, membuatnya bosan. Tapi ia yakin bahwa sikap istri dan keputusan tim dokter adalah yang terbaik untuk dirinya saat ini.

"Saya memahami bahwa tugas dan tanggung jawab sebagai pejabat mutlak diketahui oleh publik, untuk itu saya merasa perlu untuk berbagi kabar mengenai kondisi saya," tutur purnawirawan jenderal TNI ini.

Baca juga : Jubir Menko Marves Jodi Mahardi Bantah Luhut Dilarikan Ke Singapura

Luhut juga mengatakan bahwa ia mendapat tawaran dari menteri senior Singapura Teo Chee Hean dan Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakhrisnan untuk menjalani tahap pemulihan di negeri Singa itu.

Tawaran tersebut diterima Luhut, sekaligus memungkinkan untuk dilaksanakan pemeriksaan medis dan evaluasi yang lebih komprehensif terkait kondisi kesehatannya.

"Sore ini saya memutuskan untuk menjalani tahap pemulihan di Singapura," tuturnya.

Ia mengaku beruntung dan tak pernah membayangkan sebelumnya, bahwa begitu banyak doa, perhatian dan cinta yang datang kepadanya saat sakit.

Baca juga : Dede Yusuf: Hadirkan Kembali Pendidikan Moral

Dalam postingannya itu, Luhut menyampaikan rasa terima kasih, terutama kepada Presiden Jokowi yang sudah memberikan tim dokter kepresidenan beserta perawat untuk merawatnya hingga sampai pada kondisi yang membaik saat ini. 

Selain itu, dukungan dan doa yang diberikan oleh keluarga, teman-teman, serta seluruh masyarakat Indonesia, baginya adalah kekuatan untuk tetap semangat agar pulih kembali. 

"Thank you for all the love and support that you have given to me. Karena sebagai makhluk lemah, saya hanya mampu berusaha dan berdoa, biarlah Tuhan YME yang membalas niat, doa, dan perbuatan baik anda semua," pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.