Dark/Light Mode

Dua Kali Mangkir Pemeriksaan

Suami Gotik Diultimatum KPK

Jumat, 13 Oktober 2023 06:21 WIB
Proyek pembangunan Gereja Kingmi Mile 32 di Kabupaten Mimika, Papua Tengah yang diusut KPK.
Proyek pembangunan Gereja Kingmi Mile 32 di Kabupaten Mimika, Papua Tengah yang diusut KPK.

 Sebelumnya 
Setahun berselang, dia terpilih menjadi Bupati Mimika periode 2014-2019. Salah satu kebi­jakannya, yakni menganggarkan dana hibah pembangunan Gereja Kingmi Mile 32 ke Yayasan Waartsing.

Atas perintahnya, Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Mimika memasukkan anggaran hibah dan pembangu­nan Gereja Kingmi Mile 32 sebesar Rp 65 miliar ke RAPBD tahun 2014.

Baca juga : Panggil Ulang Pekan Depan, KPK Imbau Suami Zaskia Gotik Datang

Eltinus yang masih menjabat komisaris PT NKJ lantas membangun dan menyiapkan alat produksi beton tepat di depan lokasi akan dibangunnya gereja.

Pembangunan yang belum rampung, dilanjutkan pada 2015. Eltinus menawarkan proyek ini kepada Direktur PT Waringin Megah Teguh dengan kesepakatan fee 10 persen dari nilai proyek. Pembagiannya, Eltinus 7 persen dan sisanya untuk Teguh.

Baca juga : BPDPKS Dan Aspekpir Kolaborasi Kembangkan UKMK Sawit Di Sultra

Demi mengakali lelang, Eltinus mengangkat Marthen sebagai PPK.

“Padahal dia tidak mempunyai kompetensi di bidang konstruk­si bangunan,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Asep Guntur Rahayu dalam konferensi pers di Gedung KPK, Jumat, 22 September 2023.

Baca juga : Jelang Akhir Pekan Rupiah Masih Tak Bertenaga

Sementara, tersangka Budiyanto dan Arif, sebagai orang kepercayaan Eltinus, diperintah­kan mencari sejumlah kontraktor yang tidak memiliki kualifikasi untuk mengerjakan proyek terse­but. Keduanya pun mendapat imbalan atas jasanya.

Adapun peran tersangka Gustaf, yakni konsultan perencana dan konsultan pengawas proyek. Faktanya, dia tidak mengawasi pelaksanaan pekerjaan, yang berakibat progres pekerjaan lam­bat, sehingga volume pekerjaan dan kualitas hasil pekerjaan tak sesuai kontrak.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.