Dark/Light Mode

KPK Dukung Polda Metro Jaya Usut Dugaan Pemerasan Terhadap SYL

Jumat, 13 Oktober 2023 22:32 WIB
Syahrul Yasin Limpo (Foto: Tedy Kroen/Rakyat Merdeka)
Syahrul Yasin Limpo (Foto: Tedy Kroen/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan mendukung penuh Polda Metro Jaya dalam mengusut dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo alias SYL.

Dalam kasus ini, Syahrul diduga diperas oleh pimpinan KPK terkait penanganan kasus dugaan korupsi di Kementan.

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata menyatakan, dukungan terhadap pengusutan pemerasan itu dilakukan KPK dengan memfasilitasi pemeriksaan para pihak terkait.

Salah satunya, Syahrul yang kini telah ditahan KPK.

Baca juga : Dukung Gerakan Ayo SADARI, Charm Luncurkan Produk Edisi Terbatas

"Kami mendukung Polda, misalnya nanti Polda membutuhkan keterangan dari para tersangka yang ditahan KPK, tentu kami akan memfasilitasi," kata Alex, sapaan Alexander Marwata, di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Jumat (13/10/2023).

Dia memastikan, tidak ada persaingan antara KPK dengan Polda dalam mendalami dugaan pemerasan tersebut.

Ditegaskan Alex, penyidikan Kementan yang menjerat Syahrul dengan pengusutan dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK di Polda Metro Jaya, adalah dua hal yang berbeda.

"Terkait dengan irisan penyidikan oleh Polda dan penyidikan oleh KPK, itu dua hal yang berbeda. Saya tekankan dua hal yang berbeda yah," tegas Alex.

Baca juga : KPK Dalami Dugaan Aliran Uang Korupsi SYL Ke NasDem

"Jadi tidak ada persoalan, tidak ada tumpang tindih, tidak ada gesekan. Karena itu dua hal yang berbeda dan tidak ada hubungannya sama sekali," imbuhnya.

Polda Metro Jaya diketahui telah meningkatkan penanganan kasus dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK kepada Syahrul ke tahap penyidikan.

Dalam mengusut kasus ini, Polda Metro Jaya telah memeriksa sejumlah saksi. Hari ini, Polda Metro Jaya memeriksa Kevin, ajudan Ketua KPK Firli Bahuri.

Polda Metro Jaya menyatakan bakal menjadwalkan pemeriksaan Firli Bahuri, terkait dugaan kasus pemerasan terhadap SYL. Firli akan diperiksa dalam waktu dekat.

Baca juga : Ketua KPU: Diajukan Parpol, Program Capres Mestinya Sejalan Dengan Pengusung

"Nanti akan kami jadwalkan (pemeriksaan Firli Bahuri)," kata Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jumat (13/10/2023).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.