Dark/Light Mode

Pidato Di Rakernas Projo

Jokowi: Jelang Pemilu Jangan Baperan

Minggu, 15 Oktober 2023 07:50 WIB
Presiden Jokowi memberikan sambutan dalam Rakernas VI Projo, di Indonesia Arena GBK, Jakarta, Sabtu (14/10/2023). (Foto: Randy Tri Kurniawan/Rakyat Merdeka/RM.id)
Presiden Jokowi memberikan sambutan dalam Rakernas VI Projo, di Indonesia Arena GBK, Jakarta, Sabtu (14/10/2023). (Foto: Randy Tri Kurniawan/Rakyat Merdeka/RM.id)

 Sebelumnya 
Ke depan, lanjut Jokowi, Indonesia menghadapi sejumlah tantangan kompleks. Mulai dari permasalahan iklim hingga dampak perang di sejumlah negara di dunia. Karena itu, perlu pemimpin tegas, bernyali, dan tidak gampang menyerah. “Rakyat sekali lagi, harus hati-hati memilih pemimpin yang akan hadapi tantangan yang tadi disampaikan,” tuturnya.

Selain itu, Jokowi menyatakan Indonesia perlu Presiden yang berani mengambil risiko dan menghadapi tekanan negara besar. “Diperlukan pemimpin yang memiliki visi taktis yang jelas, memiliki keberanian, berani mengambil risiko, punya nyali berani menghadapi tekanan negara-negara besar,” jelas Jokowi.

Termasuk ketika harus mengahadapi Word Trade Organization (WTO) alias Organisasi Perdagangan Dunia. Jokowi menyinggung sikap Pemerintah Indonesia yang mengajukan banding setelah kebijakan menyetop ekspor nikel mentah dipersoalkan oleh WTO.

Baca juga : Jokowi Hadiri Rakernas Projo Di GBK

“Jangan baru digugat di WTO saja sudah mundur. Jangan ditekan diancam saja sudah mundur, itu yang diperlukan pemimpin ke depan,” tandas ayah tiga anak itu.

Juru Bicara PAN Valeryan Bramasta sepakat dengan pesan Jokowi untuk tidak baperan. Menurutnya, Jokowi sudah membuktikan sebagai pemimpin yang tidak baperan sejak awal karir politiknya.

“Apa yang dikatakan beliau mengenai jangan bawa perasaan atau memilih pemimpin yang sesuai terhadap tantangan zaman, itu mutlak dan wajib hukumnya,” jelas Valen kepada Rakyat Merdeka, Sabtu (14/10/2023).

Baca juga : Hadiri Rakernas Projo Hari Ini, Prabowo-Gibran Jadi Bintangnya

Menurutnya, kemenangan Jokowi di dua kali Pilpres tidak lepas dari sikapnya yang selalu cuek dengan anggapan banyak orang terhadapnya. “Bayangkan saja, Pak Jokowi dalam kontestasi politik selalu memenangkan hati rakyat dan suara rakyat,” lanjutnya.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah menilai, pernyataan Jokowi itu menjawab tentang situasi politik saat ini. Menurutnya, banyak pihak yang belakangan ini mudah baperan oleh sikap politik Jokowi yang sulit ditebak.

“Momentum saat ini Jokowi sedang banyak disindir oleh PDIP, misalnya statemen Hasto (Sekjen PDIP) menyinggung otoritarianisme baru,” tukas Dedi.

Baca juga : Moeldoko Pastikan Proyek Kilang LNG Masela Jalan Terus

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Minggu 15/10/2023 dengan judul Pidato Di Rakernas Projo, Jokowi: Jelang Pemilu Jangan Baperan

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.