Dark/Light Mode

Kementan Kirim 34 Petani Milenial Asal Jatim Magang di Taiwan

Minggu, 15 Oktober 2023 21:48 WIB
Sekitar 34 petani milenial asal Jawa Timur Jatim mengikuti Pelatihan Bahasa Mandarin Taiwan; dan pemahaman budaya Taiwan selama 17 hari secara tatap muka. (Foto: Istimewa)
Sekitar 34 petani milenial asal Jawa Timur Jatim mengikuti Pelatihan Bahasa Mandarin Taiwan; dan pemahaman budaya Taiwan selama 17 hari secara tatap muka. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Project Manager PPIU Jatim Acep Hariri mengatakan, dari banyak pendaftar, 34 calon peserta magang telah lolos seleksi.

Pelatihan berlangsung secara tatap muka dengan pengajar berpengalaman dari Ikatan Alumni Magang Taiwan (Ikamata) dan Ikatan Alumni Magang Jepang (Ikamaja).

Baca juga : Pertamina Regional JBB Asah Kesiapsiagaan Dan Tanggap Bencana

"Setelah menyelesaikan pelatihan, para peserta akan segera berangkat ke Taiwan sesuai jadwal yang telah ditentukan," jelasnya.

Untuk diketahui, petani milenial program magang di luar negeri yang digelar PPIU YESS Jatim sejalan upaya Kementan untuk menghasilkan petani muda berkualitas dan berkompeten.

Baca juga : Keluhkan Asap Kiriman Indonesia, Malaysia Ajak Jakarta Terbuka Dan Kerja Sama

Kegiatan magang luar negeri digelar Kementan untuk memperdalam, memperkuat keterampilan dan kompetensi petani muda melalui pengalaman bekerja dan belajar di keluarga petani atau perusahaan pertanian di Taiwan.

Sementara itu, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan Dedi Nursyamsi mengharapkan program magang luar negeri akan membuka peluang kolaborasi yang erat antara petani muda Indonesia dengan negara tujuan magang di Taiwan.

Baca juga : Kementan Optimistis Jaga Pertanaman Di Masa El Nino

"Seluruh petani muda Indonesia yang mengikuti magang ke Taiwan akan memiliki peluang menjalin jejaring kerja sama dengan petani Taiwan," katanya.

Peserta magang, kata Dedi, diharapkan dapat memperoleh manfaat ilmu dan praktik guna mempromosikan sektor pertanian serta dapat menerapkan pembelajaran yang didapat di Indonesia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.