Dark/Light Mode

Universitas Pelita Harapan Bangga Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17

Kamis, 12 Oktober 2023 10:15 WIB
Lapangan Jakarta International Stadium untuk ajang sepak bola Piala Dunia  U-17. (Ilustrasi Istimewa)
Lapangan Jakarta International Stadium untuk ajang sepak bola Piala Dunia U-17. (Ilustrasi Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengatakan, perkembangan terbaru dari renovasi Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara, untuk Piala Dunia U-17 2023.

"Untuk persiapan JIS, saya mendapatkan laporan bahwa rumput UPH sudah mulai dipasang," ujar Erick Thohir dalam konferensi pers di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, Selasa (10/10) sore.

Rumput dari arena sepak bola stadium Universitas Pelita Harapan (UPH) di Lippo Karawaci akan dipakai untuk kejuaraan sepak bola Piala Dunia U-17 yang akan berlangsung November 2023.

Baca juga : Media Asing Soroti Keinginan Erick Ajukan Indonesia Sebagai Host Piala Dunia

Rumput lapangan bola dari arena Universitas Pelita Harapan di Lippo Karawaci, Kabupaten Tangerang, berjenis Zoysia Matrella.

Proses analisa dan pemilihan rumput tersebut, yang melibatkan pihak FIFA, telah melewati persiapan dan proses seleksi yang matang, serta pengujian kualitas baik dari segi kerapatan, kepadatan, dan kekuatan rumput, juga kesesuaian karakteristik jenis rumput untuk digunakan dalam kejuaraan sepak bola FIFA kategori U-17.

Serangkaian persiapan dan perawatan intensif juga telah dilakukan terlebih dahulu sebelum rumput dipanen dan dipindahkan ke JIS.

Baca juga : Airlangga: Indonesia Punya Andil Besar Dalam Pertumbuhan Ekonomi ASEAN

Perawatan yang dilakukan antara lain berupa penyiraman intensif selama hampir tiga minggu serta pemupukan hingga rumput mencapai kualitas prima.

Per 9 Oktober 2023 lalu, rumput UPH telah berhasil dipanen untuk selanjutnya dilakukan pemasangan di JIS.

Pemanenan dilakukan dengan mesin khusus untuk dapat menghasilkan gulungan rumput seperti karpet yang memiliki ketebalan lebih dari 4 cm.

Baca juga : Soal Kebijakan Kemasan Pangan, Indonesia Diminta Tak Jiplak Negara Lain

“Kami bangga Indonesia menjadi tuan rumah kejuaraan Piala Dunia U-17. Acara tersebut membawa berkat untuk bangsa Indonesia dan olah raga sepak bola, ujar Rektor Universitas Pelita Harapan (UPH)," ujar Jonathan Parapak dalam keterangannya, Kamis (12/10).

Jonathan berharap, semoga rumput yang telah dipelihara dengan baik selama bertahun-tahun untuk mahasiswa kami dapat turut mensukseskan acara kejuaraan dunia tersebut.

Kampus Universitas Pelita Harapan, di Lippo Karawaci, Kabupaten Tangerang, merupakan salah satu universitas swasta dengan 20,000 mahasiswa yang didirikan di tahun 1994 oleh Johannes Oentoro dan James Riady dari kelompok usaha Lippo.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.