Dark/Light Mode

Majukan Industri Alkes, GAKESLAB Terus Bangun Sinergi

Selasa, 17 Oktober 2023 21:54 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Perkumpulan Organisasi Perusahaan Alat-alat Kesehatan dan Laboratorium (GAKESLAB) Indonesia terus berupaya membangun sinergi industri kesehatan dengan stakeholder yang ada.

Ketua Umum GAKESLAB Kartono Dwidjosewojo mengaku berupaya mengembangkan dan meningkatkan industri kesehatan di dalam negeri.

Bersama Pemerintah dan instansi swasta, kata dia, pihaknya terus berupaya menjadi pilar bisnis healthcare di Indonesia.

"Juga membantu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sehingga para anggota GAKESLAB bisa dengan mudah mendapatkan resource product alat kesehatan (alkes) secara nasional," ujar Kartono dalam konferensi pers, di The St. Regis Jakarta, Selasa (17/10/2023).

Baca juga : KRI Optimis, Industri Pulp and Paper Akan Meningkat

Menurut Kartono, mendampingi dan membina setiap anggotanya terus dilakukannya demi memajukan usaha alat kesehatan Indonesia.

Dia mengklaim, dengan usia 46 tahun atau hampir satu abad, GAKESLAB dalam kiprahnya tentu telah mengalami banyak sekali dinamika organisasi dalam upaya mendukung dan mensukseskan berbagai program Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Kartono menerangkan, GAKESLAB Indonesia sampai saat ini telah memiliki kepengurusan daerah (Pengda) di 23 Provinsi, dengan anggota 1.500 anggota terdiri dari hampir 200 manufaktur.

Selain itu, terdapat 80 persen UMKM dan 20 persen non UMKM, dengan anggota 37 persen distributor pemegang Nomor Izin Edar (NIE) dan 63 persen non pemegang NIE.

Baca juga : Kemnaker Kukuhkan FKLPI Bareng Industri Kota Tangerang

Serta, kurang lebih 95 persen anggota merupakan perusahaan lokal dan lebih dari 5 persen adalah PMA (pemodal asing).

Kartono menambahkan, Cara Produksi Alat Kesehatan yang Baik (CPAKB) adalah pedoman, yang digunakan dalam rangkaian kegiatan produksi dan pengendalian mutu.

Tujuannya, untuk menjamin agar produk alat kesehatan yang diproduksi senantiasa memenuhi persyaratan yang ditetapkan sesuai tujuan penggunaannya.

Selain itu, Kartono berharap kolaborasi dengan Bank Mandiri diharapkan dapat mendukung Perusahaan anggota GAKESLAB dalam menjalankan bisnis menggunakan layanan jasa dan fasilitas perbankan yang diberikan khusus oleh Bank Mandiri.

Baca juga : Mahfud: Penegakan Hukum Oke, Separuh Masalah Bangsa Tuntas

"Kami harap kerja sama ini dapat terus terjalin serta menjadi langkah yang positif bagi industri alat kesehatan dengan sektor perbankan khususnya Bank Mandiri,” tutup Kartono.

Untuk diketahui Kartono Dwidjosewojo yang pada Munas KE-VIII GAKESLAB INDONESIA tanggal 9-10 Agustus 2023 di Yogyakarta mendapat amanah dan titipan untuk menjadi Ketua Umum GAKESLAB INDONESIA periode 2023-2027.

Acara pelantikan Pengurus Pusat GAKESLAB Periode 2023-2027 di antaranya dihadiri Wakil Ketua Komisi IX DPR Emanuel Melkiades Laka Lena, Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono, dan Plh Ketua Umum KADIN Yukki Nugrahawan Hanafi.

Kemudian, Plt Direktur Produksi dan Distribusi Alat Kesehatan Sodikin Sadek, Direktur Eksekutif GP Farmasi Elfiano Rizaldi, dan Wakil Sekretaris Jenderal ARSADA dr. Dyah Eko Judihartanti.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.