Dark/Light Mode

2 Alumninya Berlaga Di Pilpres 2024

PB HMI MPO: Bukti Perkaderan Organisasi Berjalan

Rabu, 18 Oktober 2023 21:18 WIB
Ketua Umum PB HMI MPO, Mahfut Khanafi. Foto: Istimewa
Ketua Umum PB HMI MPO, Mahfut Khanafi. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Dua alumni organisasi kemahasiswaan terbesar di Indonesia yakni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) diketahui bakal berlaga dalam kontestasi Pilpres 2024 nanti.

Dua nama alumni HMI tersebut adalah Anies Baswedan yang berpasangan dengan Muhaimin Iskandar dan Mahfud MD yang baru saja dideklarasikan menjadi Calon Wakil Presiden (Cawapres) dari Ganjar Pranowo.

Merespon dua alumninya bakal bertarung dalam Pilpres 2024 nanti, Ketua Umum PB HMI MPO, Mahfut Khanafi angkat bicara.

Baca juga : Smelter Akan Beroperasi Penuh di 2024, IMA Dukung Pemerintah Hilirisasi Tambang

Mahfut menjelaskan, terpilihnya Anies Baswedan dan Mahfud MD menjadi peserta Pilpres 2024 adalah bukti perkaderan HMI yang dimulai sejak mereka menjadi mahasiswa.

"Meskipun berbeda kubu, saya pikir majunya Mas Anies dan Prof. Mahfud adalah bukti dari output perkaderan HMI dan mereka merupakan alumni terbaik hari ini," ucapnya saat ditemui di Jakarta (18/10/23).

Lebih lanjut, Mahfut menyampaikan, sebagai organisasi mahasiswa tertua, HMI sudah berpengalaman dalam melahirkan tokoh-tokoh bangsa dari berbagai sektor profesi.

Baca juga : Silsilah Keluarga Ganjar: Banyak Berkecimpung Di Pesantren Dan Organisasi Islam

"Majunya Mas Anies dan Prof. Mahfud MD sudah menjadi perbincangan publik, karena memang mereka adalah tokoh terbaik hari ini. Tentu HMI juga sudah memiliki Wakil Presiden dulunya sehingga dinamika seperti ini sudah lumrah dan wajar," selorohnya.

Di sisi lain, pria asal Ponorogo tersebut menegaskan jika posisi HMI MPO secara organisasi akan bersikap netral dalam Pilpres dan Pemilu 2024 karena hal tersebut telah tertuang dalam konstitusi HMI.

Sebab, secara konstitusional AD/ART HMI, organisasi ini akan tetap menjaga independensinya.

Baca juga : Kriteria Jagoan Agum Gumelar di Pilpres 2024, Mampu Bawa RI Jadi Negara Maju

"Sehingga sekali lagi saya tegaskan sikap kita secara organisasi akan netral demi terciptanya iklim demokrasi yang baik," tegasnya.

Kendati begitu, Mahfut mendoakan kepada dua alumninya tersebut agar diberikan jalan yang terbaik dalam mengarungi dinamika Pilpres 2024 nanti.

"Meski kita netral secara organisasi, insyaallah doa terbaik untuk beliau-beliau, karena bagi kami walaupun beliau-beliau sudah alumni tetap menjadi keluarga kami. ehingga doa kami semoga diberikan yang terbaik," tandasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.