Dark/Light Mode

Ajak Santri Jangan Pilih Pemimpin Cengengesan

Jari Yaqut Ngarah Ke Siapa Ya...

Minggu, 22 Oktober 2023 08:00 WIB
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. (Foto: dok. Kemenag)
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. (Foto: dok. Kemenag)

 Sebelumnya 
Baginya, pesan ini wajib disampaikan. Dikarenakan setiap pemerintahan pasti melibatkan santri. Contohnya, saat masa perjuangan kemerdekaan dulu. “Santri harus terlibat. Setiap episode sejarah negeri ini termasuk memilih itu pasti melibatkan santri,” jelasnya.

Untuk diketahui, Yaqut sudah berapa kali bicara soal memilih pemimpin. Misalnya, dia pernah bilang bid’ah jika memilih Amin. Banyak yang menilai pernyataan Yaqut tersebut menyerang pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar. Pasalnya, AMIN merupakan akronim dari pasangan Anies-Muhaimin. Pernyataan Yaqut ini pun bikin heboh dan memancing respon keras dari elite PKB.

Baca juga : 5 Strategi Keuangan Syariah Pembawa Keberkahan Ala Maybank Indonesia

Lalu, apa kata elite PKB soal pernyataan Yaqut yang baru ini? Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid menganggap, ucapan Yaqut seperti radio rusak. “Ya, nggaklah (tersindir). Nggak jelas ngomong apa dan untuk siapa? Wis anggap wae radio rusak,” sebut politisi yang akrab disapa Gus Jazil itu.

Begitu juga yang diucapkan Ketua DPP PKB Daniel Johan. Kata Daniel, karakter bukan ukuran layak atau tidak layak untuk dipilih. “Yang suka cengengesan bukannya malah Pak Ganjar Pranowo (Capres PDIP), tapi kan itu karakter yang tidak menjadi ukuran layak atau tidak,” tegas Daniel.

Baca juga : OSO: Pilihlah Pemimpin Yang Teruskan Keberhasilan Jokowi

Netizen ikut ramai merespons ucapan Yaqut. Mereka juga penasaran siapa yang dimaksud Yaqut. “Mantap pesannya, Gus. Jangan pilih Capres-Cawapres yang suka Cengengesan. Top,” tulis @mangunsong63. “Siapa tuh,” timpal @Bintang76288009.

Sedangkan akun @YoesryU mengkritik narasi yang disampaikan Yaqut di hadapan santri. “Cerdaskan santri dengan suruh mencermati visi-misi Capres dan Cawapres, cermati perjalanan mereka di bidangnya, cermati keilmuan agamanya, dan cermati lainnya dengan hati bersih Bapak Yaquuuuutttt. Malah diksi cengengesan diangkat, nggak yahut pisan,” pungkas dia. “Ngapain si Yaqut kasih aturan-aturan,” tukas @MukhitsP.

Baca juga : Prabowo Disaranin Rasional Pilih Airlangga Jadi Cawapres

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Minggu 22/10/2023 dengan judul Ajak Santri Jangan Pilih Pemimpin Cengengesan, Jari Yaqut Ngarah Ke Siapa Ya...

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.